Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Artikel Kesehatan

Beberapa Penyakit Darah Yang Harus Anda Waspadai

Dari 50 triliun sel di dalam tubuh kita, hampir separuhnya adalah sel darah. Setiap detik, 2 juta sel darah merah dihancurkan, dan 2 juta sel darah merah lagi memasuki aliran darah dan bergabung dengan sistem transportasi masif yang bertanggung jawab memberi makanan kepada semua sel di tubuh kita. Sel darah merah itu ukurannya sangat kecil, sehingga dapat berjalan melalui kapiler yang ukurannya jauh lebih kecil dari rambut. Darah memang luar biasa. Tetapi yang lebih luar biasa lagi adalah yang menciptakan darah itu sendiri, sehingga kita patut bersyukur atas semua karunia-Nya.

Bagaimana darah bekerja?

Pada setiap denyut jantung, darah membawa oksigen yang menopang kehidupan sel-sel kita dan menyapu karbon dioksida yang berbahaya ke paru-paru. Pada saat yang sama, darah membantu menghangatkan tubuh dan menyebarkan hormon dan zat kimia lain yang mengatur setiap fungsi tubuh, mulai kecepatan denyut jantung sampai melahirkan anak. Selain itu, sel darah putih dan sel-sel pelawan penyakit lain yang membentuk sistem kekebalan dengan cerdik bersirkulasi di aliran darah kita, siap melawan organisme yang mungkin menyusup masuk ke dalam tubuh.

Setiap jamnya, darah Anda menghasilkan sejumlah yang sama sel darah hingga 10 miliar sel darah baru di sumsum tulang dan menghancurkan sejumlah yang sama sel darah yang telah tua di limpa dan hati. Pada awal kehidupan, hati, limpa, dan hampir semua tulang dapat menghasilkan sel darah merah, tetapi setelah Anda mencapai usia dua atau tiga tahun, hanya tulang dada, tengkorak, rusuk, tulang paha, pelvis, dan tulang belakang yang terus menciptakan sel darah merah dan trombosit. Sel darah darah putih juga dibuat di sumsum tulang, tetapi beberapa jenisnya dibuat di nodus limfatik (kelenjar getah bening) pula.

Darah sangat rapuh dan membutuhkan sedikit perawatan atau pemeliharaan agar dapat melakukan tugasnya dengan baik. Makan diet yang seimbang yang mencakup setidaknya lima sajian buah dan sayuran setiap hari adalah cara yang paling baik untuk menjamin darah Anda tetap sehat. Masalah akan timbul jika Anda sakit, maka darah Anda kemungkinan akan terganggu. Ada beberapa penyakit yang berhubungan dengan darah yang harus Anda waspadai. Diantaranya adalah:


Anemia

Anemia, berkurangnya sel darah merah, adalah salah satu penyakit darah yang paling sering, terutama karena bentuk yang umum, anemia defisiensi besi. Kondisi ini menyerang 3 dari 100 wanita pramenopause dan 2 dari setiap 100 wanita pascamenopause.
Jika Anda mengalami anemia, darah Anda sulit mengangkut oksigen ke organ vital Anda dan membuang karbon dioksida dari tubuh. Gejalanya antara lain kulit yang pucat, kelelahan, lesu, pingsan, dan palpitasi jantung. Anemia defisiensi besi disebabkan oleh tidak adanya zat besi, tetapi anemia lain dapat disebabkan oleh defisiensi vitamin B12 atau folat.

 


Leukimia

Leukimia adalah kanker jaringan penbentuk darah – sumsum tulang, kelenjar getah bening, dan limpa – yang menyebabkan pembentukan sel darah putih yang abnormal dengan cepat. Sel abnormal itu menghalangi pembentukan sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit normal.
Saat penyakit berkembang, ia menyebabkan anemia, mengganggu pembekuan darah, dan mengganggu kemampuan tubuh untuk melawan infeksi. Jika tidak diterapi, penyakit dapat menyebabkan kematian. Gejala laukimia adalah kelelahan kronis, nyeri tulang, penurunan berat badan, mudah memar, perdarahan, dan demam.


Polisitemia

Polisitemia, terlalu banyak sel darah merah, biasanya merupakan tanda suatu gangguan dasar, seperti penyakit paru-paru atau jantung, yang mengganggu pengangkutan oksigen di tubuh Anda. Sebagai tanggapannya, sumsum tulang menghasilkan lebih banyak sel darah merah dari yang diperlukan. Karena polisitemia menyebabkan darah menjadi lebih kental, bekuan darah lebih mudah terbentuk, dan meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.


Malaria

Malaria, disebabkan oleh parasit yang ditularkan melalui gigitan nyamuk, dan merupakan penyakit darah yang umum di daerah tropis. Parasit menyerang sel darah merah, menyebabkan pecah. Untuk mencegah penyakit ini, mintalah dokter obat antimalaria sebelum Anda bepergian ke daerah di mana penyakit ini banyak menyerang.


Hemofilia

Hemofilia, suatu gangguan perdarahan genetik yang menghalangi pembekuan sel, diturunkan dari ibu kepada anak laki-laki. Wanita hanya karier gen resesif untuk hemofilia. Ratu Victoria dari Inggris merupakan seorang karier gangguan ini, dan beberapa keturunannya, termasuk Alexis, putra mahkota terakhir Rusia, mengalami gangguan.


Penyakit sel sabit

Penyakit sel sabit, adalah gangguan yang menyebabkan pembentukan hemoglobin abnormal. Penyakit ini merupakan gangguan darah turunan yang jarang, tetapi cukup terkenal. Pada penyakit ini, sel berbentuk sabit mengganggu pengangkutan darah dan oksigen ke jaringan vital.

 

Sumber: Buku Pintar Kesehatan Wanita