Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Artikel Kesehatan

Infeksi Saluran Kemih

Bila dilihat dari namanya pasti penyakit ini berhubungan dengan sistem saluran kencing. Sistem saluran kencing terdiri atas ginjal, ureter, kandung kencing dan urethra. Dan yang paling memegang peranan penting diantara keempat organ tersebut adalah ginjal. Ginjal berfungsi menyaring sampah dari saluran darah, mengatur keseimbangan cairan, dan memproduksi beberapa hormon. Ureter berfungsi mengalirkan cairan hasil penyaringan ginjal ke kandung kemih untuk disimpan sementara dan bila kandung kemih sudah penuh maka akan dikeluarkan ke dunia luar melalui saluran urethra. Infeksi saluran kencing memang sering di derita oleh kaum perempuan, tetapi bukan berarti kaum laki-laki tidak pernah menderita infeksi saluran kencing. Mengapa sering diderita kaum perempuan dibanding kaum laki-laki? Hal ini dikarenakan saluran urethra perempuan lebih pendek dan ujung anus yang letaknya dekat dengan ujung urethra.

Penyebab infeksi saluran kencing.

Pada dasarnya, air kencing atau urine normalnya steril alias bebas kuman. Infeksi akan terjadi bila bakteri atau kuman yang berasal dari saluran cerna jalan ke urethra atau ujung saluran kencing untuk kemudian berkembang biak disana. Dan kuman yang paling sering menyebabkan penyakit ini adalah E.coli yang umum terdapat dalam saluran pencernaan bagian bawah.

Pertama tama, bakteri akan menginap di urethra dan berkembang biak disana. Akibatnya, urethra akan terinfeksi yang kemudian disebut dengan nama urethritis. Jika kemudian bakteri naik ke atas menuju saluran kemih dan berkembang biak disana maka saluran kemih akan terinfeksi yang kemudian disebut dengan istilah cystitis. Jika infeksi ini tidak diobati maka bakteri akan naik lagi ke atas menuju ginjal dan menginfeksi ginjal yang dikenal dengan istilah pyelonephritis.

Mikroorganisme seperti klamidia dan mikoplasma juga dapat menyebabkan infeksi saluran kencing namun infeksi yang diakibatkan hanya terbatas pada urethra dan sistem reproduksi. Tidak seperti E. coli, kedua kuman ini menginfeksi orang melalui perantara hubungan seksual.


Siapa yang berisiko terkena infeksi saluran kemih?

  • Orang yang memiliki ketidaknormalan fungsi saluran kemih misalnya karena adanya batu saluran kemih, pembesaran prostat akan menghambat pengeluaran urine sehingga mempermudah perkembang biakan kuman.
  • Orang yang memiliki penurunan daya tahan tubuh misalnya diabetes juga rentan menderita infeksi saluran kencing
  • Pada wanita hamil, sangat berkemungkinan terkena infeksi saluran kencing karena adanya perubahan hormonal dan perubahan dari posisi saluran kencing selama kehamilan.
    Infeksi saluran kencing juga sering ditemukan pada anak anak yang dilahirkan dengan ketidak normalan saluran kemih.

Gejala infeksi saluran kencing

Sering kencing dan kesakitan saat kencing, rasa sakit sampai terbakar pada kandung kemih. Pada perempuan merasakan ketidaknyamanan pada tulang kemaluan. Umumnya orang yang menderia penyakit ini akan selalu ingin kencing tetapi kencing yang dikeluarkan sangatlah sedikit.

Air kencingnya sendiri bisa berwarna putih, cokelat, kemerahan. Infeksi saluran kencng tidak akan menyebabkan demam selama masih menginfeksi urethra dan kandung kemih, demam muncul bila ginjal sudah kena. Gejala lain saat ginjal terinfeksi adalah adanya rasa sakit pada punggung, mual, atau muntah.


Penanganannya

Pengobatan infeksi saluran kencing biasanya dilakukan dokter dengan memberikan antibiotik. Pilihan obat dan lamanya pengobatan terggantung dari lamanya infeksi dan jenis kumannya. Bila memang gejala diatas muncul, sebaiknya segera ke dokter untuk memperoleh pengobatan.


Pencegahannya

  • Minumlah banyak cairan setiap hari.
  • Jangan terlalu suka menahan kencing, segeralah kencing bila ingin kencing
  • Untuk perempuan saat membersihkan alat kelamin, basuhlah dari depan ke belakang bukan sebaliknya. Ini untuk mengurangi masuknya bakteri dari daerah anus ke area saluran kencing.
  • Pakailah celana dalam dari bahan koton untuk menjaga area tersebut kering.
  • Hindari memakai celana yang terlalu ketat yang akan membuat panas dan basah/berkeringat, membuat area tersebut mudah untuk ditumbuhi bakteri.
  • Mandi dengan menggunakan shower atau siraman, dan hindari mandi dengan bath tub.
  • Bersihkan kelamin saat akan dan sesudah berhubungan intim
  • Hindari penggunaan cairan yang tidak jelas manfaatnya pada alat kelamin. Cairan ini dapat mengiritasi urethra.

Habbatussauda Bisa membantu Anda

Jintan hitam atau habbatussauda berkhasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Tidak terkecuali adalah infeksi saluran kencing. Dengan mengonsumsi habbatussauda secara rutin dapat meningkatkan sistem daya tahan tubuh, sehingga secara otomatis dapat membuat tubuh mampu menghadapi gempuran kuman-kuman yang mungkin sedang berusaha menginfeksi Anda. Selain itu habbatussauda juga dapat bersifat sebagai antiseptik yang insyaAllah dapat mengurangi infeksi saluran kencing Anda.