Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Artikel Kesehatan

Kehamilan dan Kista

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa kista bisa menyerang pada anggota tubuh yang mana saja dan kepada siapa saja. Kista meskipun kadang tidak menimbulkan gejala apapun, tetapi bisa membuat seseorang menjadi was-was bahkan ketakutan. Seperti halnya bila terjadi pada wanita muda baik yang sudah menikah ataupun yang belum. Apalagi bila sudah divonis indung telurnya yang didiami kista. Maka akan timbul pertanyaan apakah masih bisa hamil? Bila kista tersebut muncul pada saat hamil, apakah tidak membahayakan kandungannya (janinnya), apa yang harus dilakukan. Berikut adalah penjelasannya.

Penderita Kista masih bisa hamil

Penderita kista masih memiliki peluang untuk bisa hamil. Kista yang masih kecil dan jinak tidak mempengaruhi kesuburan. Seperti kista fungsional (kista folikel dan kista korpus luteum) yang sering ditemukan menjangkiti para perempuan pada umumnya. Kista ini tidak mengganggu dan akan hilang dengan sendirinya bersamaan dengan datangnya haid. Kista fungsional akan tumbuh setiap bulan dan akan pecah pada masa subur, untuk melepaskan sel telur yang pada waktunya siap dibuahi oleh sperma. Setelah pecah, kista fungsional akan menjadi kista folikuler dan akan hilang pada saat menstruasi.

Karena setiap perempuan memiliki dua indung telur, bila kista ditemukan disalah satu indung telur, maka masih ada indung telur yang lain untuk bisa hamil. Kista yang bisa menyebabkan tidak bisa hamil jika kista tersebut berubah menjadi kanker ovarium yang menyebabkan baik indung telur dan rahim harus diangkat.