Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Artikel Kesehatan

Lama Sembelit, Waspadai Kanker Kolon

Bila dulu kanker kolon sering diidentikkan dengan penyakit orang yang sudah lanjut usia, kini hal itu sudah tidak berlaku lagi. Dari tahun ke tahun penderita kanker kolon banyak diidap oleh orang berusia muda, bahkan usia terendah yang menderita penyakit ini berusia 16 tahun. Dari gejala yang ditunjukkan oleh penderita kanker kolon sepintas seperti gejala penyakit wasir atau ambeien. Lalu bedanya ada di mana? Kemudian apa penyebab kanker kolon itu sendiri. Semua dapat Anda temukan jawabannya dalam artikel berikut ini.

Penyebab kanker kolon

Hingga saat ini tidak diketahui dengan pasti apa penyebab kanker kolon. Terdapat beberapa faktor risiko yang menyebabkan seseorang akan rentan terkena penyakit ini yaitu:

  • Mengidap polyp kolorektal (benjolan di usus besar)
  • Mempunyai riwayat keluarga menderita kanker kolorektal
  • Kelainan genetik. Bentuk yang paling sering dari kelainan gen yang dapat menyebabkan kanker ini adalah perubahan pada gen hereditary nonpolyposis colon cancer (HNPCC).
  • Radang usus besar, berupa colitis ulceratif atau penyakit Crohn yang menyebabkan inflamasi atau peradangan pada usus untuk jangka waktu lama, akan meningkatkan resiko terserang penyakit ini