Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Artikel Kesehatan

Sariawan Pada Anak-Anak

Mengenal Sariawan Pada Anak

Sariawan, tidak hanya dapat diderita oleh orang dewasa, malah dapat diderita oleh anak-anak atau balita. Dan biasanya bila anak-anak terkena sariawan, bukan hanya sakit saja yang dikeluhkan oleh orang tuanya, tetapi juga perubahan pola makannya. Yang semula anak-anak bisa makan banyak dan teratur, tetapi karena terkena sariawan, mendadak sulit makan. Lama-lama merembet ke sakit yang lain. Yang menjadi pertanyaan banyak orang tua, mengapa anaknya yang semula makan teratur dengan menggunakan sayur dan buah yang cukup masih juga terkena sariawan? Apa yang salah dengan itu semua? Berikut ini akan kita ulas tentang sariawan, penyebabnya dan bagaimana penanganannya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semua.

Sariawan merupakan istilah yang biasa dipakai untuk menyebut gangguan pada mulut, apapun bentuk dan penyebabnya. Dengan penyebab yang beragam, bentuk dan tempat yang terkena sariawan pun berbeda. Lidah, bibir, bawah lidah, pipi bagian dalam, langit-langit mulut dan kerongkongan, merupakan tempat yang biasa dijangkit sariawan. Gangguan ini pun dapat dialami orang dewasa dan anak-anak, terutama yang kurang menjada kebersihan mulutnya akan mudah mengalami sariawan.

Mengingat penyebab yang tidak selalu sama, pengobatan terhadap sariawan pun berbeda. Kebanyakan masyarakat mengira bahwa gangguan sariawan adalah karena kekurangan vitamin C. Padahal, hal tersebut hanya merupakan salah satu penyebab sariawan. Kekurangan vitamin A dan B12, misalnya, juga dapat menimbulkan sariawan.