Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Artikel Kesehatan

Jika Anak Sakit Telinga

Pernahkah Anda mengalami sakit telinga? Sungguh tidak enak bukan? Nah, bagaimana jika putra dan putri Anda yang mengalami sakit telinga, Anda pasti bisa merasakan kesakitannya. Apapun yang dilakukannya pasti membuatnya menangis. Seperti makan, minum, menguap sekalipun. Bahkan ketika telinganya dipegang pun, bisa membuat anak menjerit kesakitan.

Gejala sakit telinga bisa timbul akibat bermacam-macam penyakit pada telinga. Rasa sakit ini bisa muncul karena dijalarkan, akibat banyaknya percabangan yang ada. Pada pembahasan kali ini, kita akan mengulas mengenai infeksi telinga pada anak. Apa saja tipe infeksi telinga dan bagaimana penanganannya, semuanya terangkum dalam artikel berikut.

Telinga manusia dibagi dalam 3 bagian (area) yaitu bagian dalam, tengah dan luar. Telinga luar berupa kulit seperti kulit kita dan areanya meliputi dari liang telinga sampai gendang telinga. Area telinga tengah meliputi gendang telinga sampai hampir masuk ke rumah siput. Sedangkan telinga bagian dalam meliputi rumah siput sampai ke dalam. Infeksi pada telinga dapat terjadi pada ketiga area tersebut, hanya saja yang paling sering adalah telinga luar.

Penyebab infeksi liang telinga bermacam-macam. Bisa karena kuman, jamur, luka korekan yang melebar, eksim, dan kelainan pendengaran berupa terlalu banyaknya kotoran telinga. Yang mesti diingat, di liang telinga ada malam (wax) atau serumen telinga yang menghasilkan minyak berwarna kuning atau coklat muda. Serumen itu merupakan pelindung telinga kita. Nah, ini yang selalu disalahartikan sebagai kotoran dan selalu dikorek-korek.

Infeksi juga bisa menyerang telinga tengah. Penyebabnya ada hubungannya dengan organ THT yang lain, seperti radang tenggorok, infeksi amandel, adenoid, sinusitis, dan alergi. Karena telinga tengah dihubungkan dengan saluran tuba eustasii, jika ada kuman di daerah THT lain, kuman tersebut bisa naik ke telinga lewat saluran ini.