Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Artikel Kesehatan

Perisaikan Buah Hati dari Pneumonia

Pneumonia menjadi penyebab utama kematian bayi dan balita. Penyakit yang satu ini, senantiasa mengintai buah hati di mana pun dan kapan pun, terutama pada tahun-tahun awal kehidupannya. Pada tahun 2003 tercatat hampir sejuta anak di dunia meninggal akibat pneumonia. Di Asia Pasifik, sebanyak 98 balita meninggal karena pneumonia setiap jam. Pantas saja kemudian badan kesehatan dunia WHO menjuluki pneumonia sebagai The forgotten killer of children, pembunuh yang terlupakan.

Pneumonia merupakan bagian dari invasive pneumococal dissease (IPD), yakni sekelompok penyakit yang disebabkan bakteri streptococcus pneumoniae atau bakteri pneumokokus yang menyebar melalui darah dan bersifat merusak (invasif). WHO menyebutkan, penyebab utama pneumonia sebesar 50% karena bakteri pneumokokus, 30% karena haemophillusinfluenzae tipe B (Hib), serta sisanya adalah virus dan penyebab lainnya.

Selain pneumonia, dua penyakit lain yang juga dikategorikan IPD adalah infeksi darah (bakteremia), sepsis (darah yang teracuni), dan radang selaput otak (meningitis). Kali ini, kita akan membahas tentang pneumonia yang merupakan bagian dari IPD, untuk bakteremia, sepsis dan meningitis akan dibahas di lain kesempatan.

Ditinjau dari angka kejadian penyakit, IPD menyebabkan sekitar 2 juta kematian per tahun. Sebanyak 700 ribu hingga 1 juta di antaranya balita. Namun, perhatian masyarakat untuk menurunkan angka kesakitan dan kematian pneumonia belum merata.