Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Artikel Kesehatan

Mewaspadai Kanker Tiroid

Selama ini kita mungkin sering merasakan badan mudah lelah, depresi, sering lupa akan sesuatu, atau mengalami rambut rontok, kita kaitkan dengan aktivitas yang kita lakukan. Padahal tanpa kita sadari, kita mungkin sedang bermasalah dengan tiroid kita. Bahkan gangguan tiroid yang bisa menyerang baik kaum perempuan maupun laki-laki ini bisa menjadi sesuatu hal yang serius, jika tidak ditangani dengan seksama.

Kelenjar tiroid atau yang biasa kita sebut dengan kelenjar gondok, merupakan organ yang berperan pentingl bagi tubuh kita. Meskipun tidak sepopuler seperti organ-organ yang lain seperti jantung, paru-paru, atau ginjal, tetapi keberadaan tiroid memiliki peran yang sangat besar bagi tubuh kita. Kelenjar tiroid merupakan pengendali utama metabolisme tubuh yang bekerja dalam menghasilkan, menyimpan, dan melepaskan hormon tiroid ke dalam peredaran darah. Hormon-hormon tiroid inilah yang menghasilkan energi dari zat gizi dan oksigen yang berperan dalam fungsi seluruh sel, jaringan, dan organ dalam tubuh.

Di dalam tubuh, kelenjar tiroid bekerja berdasarkan perintah yang datang dari kelenjar pituitari dan hipotalamus di otak. Perintah ini disebut thyroid stimulating hormone (TSH). Selanjutnya, kelenjartiroid ini akan memproduksi hormon tiroid dalam jumlah yang cukup. Saat jumlah yang diproduksi kurang, Anda akan mengalami yang namanya hipotiroid, dimana metabolisme tubuh menjadi lebih lambat dari yang seharusnya. Sebaliknya, jika jumlah yang diproduksi berlebih karena kelenjar tiroid bekerja terlalu aktif, maka Anda akan berhubungan dengan hipertiroid, dimana metabolisme tubuh Anda menjadi lebih cepat dari yang seharusnya.