Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Artikel Kesehatan

Beberapa Penyakit Darah Yang Harus Anda Waspadai

Dari 50 triliun sel di dalam tubuh kita, hampir separuhnya adalah sel darah. Setiap detik, 2 juta sel darah merah dihancurkan, dan 2 juta sel darah merah lagi memasuki aliran darah dan bergabung dengan sistem transportasi masif yang bertanggung jawab memberi makanan kepada semua sel di tubuh kita. Sel darah merah itu ukurannya sangat kecil, sehingga dapat berjalan melalui kapiler yang ukurannya jauh lebih kecil dari rambut. Darah memang luar biasa. Tetapi yang lebih luar biasa lagi adalah yang menciptakan darah itu sendiri, sehingga kita patut bersyukur atas semua karunia-Nya.

Bagaimana darah bekerja?

Pada setiap denyut jantung, darah membawa oksigen yang menopang kehidupan sel-sel kita dan menyapu karbon dioksida yang berbahaya ke paru-paru. Pada saat yang sama, darah membantu menghangatkan tubuh dan menyebarkan hormon dan zat kimia lain yang mengatur setiap fungsi tubuh, mulai kecepatan denyut jantung sampai melahirkan anak. Selain itu, sel darah putih dan sel-sel pelawan penyakit lain yang membentuk sistem kekebalan dengan cerdik bersirkulasi di aliran darah kita, siap melawan organisme yang mungkin menyusup masuk ke dalam tubuh.

Setiap jamnya, darah Anda menghasilkan sejumlah yang sama sel darah hingga 10 miliar sel darah baru di sumsum tulang dan menghancurkan sejumlah yang sama sel darah yang telah tua di limpa dan hati. Pada awal kehidupan, hati, limpa, dan hampir semua tulang dapat menghasilkan sel darah merah, tetapi setelah Anda mencapai usia dua atau tiga tahun, hanya tulang dada, tengkorak, rusuk, tulang paha, pelvis, dan tulang belakang yang terus menciptakan sel darah merah dan trombosit. Sel darah darah putih juga dibuat di sumsum tulang, tetapi beberapa jenisnya dibuat di nodus limfatik (kelenjar getah bening) pula.

Darah sangat rapuh dan membutuhkan sedikit perawatan atau pemeliharaan agar dapat melakukan tugasnya dengan baik. Makan diet yang seimbang yang mencakup setidaknya lima sajian buah dan sayuran setiap hari adalah cara yang paling baik untuk menjamin darah Anda tetap sehat. Masalah akan timbul jika Anda sakit, maka darah Anda kemungkinan akan terganggu. Ada beberapa penyakit yang berhubungan dengan darah yang harus Anda waspadai. Diantaranya adalah: