Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Artikel Kesehatan

Memahami Penyakit Ginjal

Ginjal yang bentuknya seperti kacang tanah dan ukurannya sekepalan tangan mengandung jutaan unit penyaring kecil yang dinamakan nefron. Nefron terdiri dari banyak pembuluh darah kecil yang membentuk saluran bergulung-gulung. Mereka seperti filter di akuarium. Jika filter berhenti bekerja atau tersumbat, air akan menjadi keruh.

Dalam 24 jam, ginjal mengolah kira-kira 42 galon cairan. Smeuanya itu dikembalikan ke darah kecuali sekitar 1-2 liter cairan dibuang, yang dikenal dengan urin. Urin meninggalkan ginjal melalui saluran yang dinamakan ureter. Ureter menuju kandung kemih, dimana urin menunggu kesempatan untuk dikeluarkan dari tubuh. Tugas ginjal lainnya adalah mengatur kandungan garam, kalium, dan asam dalam tubuh, membuat hormon yang menstimulasi produksi sel darah merah, mengatur tekanan darah dan mengendalikan metabolisme kalsium. 

Gangguan ginjal ada banyak macamnya yaitu infeksi, peradangan, obstruksi, tumor dan masih banyak lagi yang lain. Tetapi yang perlu Anda ketahui adalah bahwa gangguan ginjal menyebabkan penyakit ginjal, dan penyakit ginjal akan menyebabkan gagal ginjal. Gagal ginjal bisa dikatakan sebagai penyakit ginjal stadium akhir, itu terjadi jika Anda telah kehilangan 90 persen fungsi ginjal. Usia juga memengaruhi ginjal. Ketika usia sudah mulai beranjak tiga puluhan, Anda tiba-tiba kehilangan sekitar 1 persen fungsi ginjal setiap tahunnya.