Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Artikel Kesehatan

Tips Terhindar dari Penyakit di Musim Hujan

Flu, pusing, pilek, radang tenggorokan, dan batuk merupakan penyakit yang umum hadir saat musim hujan. Tapi, apa benar?

Alasan utama musim hujan bisa membuat orang mudah terserang penyakit adalah karena orang-orang cenderung lebih sering berada di dalam ruangan saat hujan. Ketika itulah penyebaran virus menyebar dari kontak satu orang ke yang lain lebih cepat. Selain itu semakin banyak juga benda yang tercemar virus dan berkontak dengan orang-orang sehat.

Cuaca yang dingin juga merupakan pemicu munculnya penyakit di musim hujan. Saat hujan turun, suhu menjadi rendah sehingga rasanya lebih dingin. Saat cuaca dingin dan tubuh tidak dilindungi dengan baju hangat atau ruangan yang hangat maka suhu tubuh ikut menurun. Suhu tubuh yang menurun karena tekanan dingin ini menyebabkan menyebabkan kekebalan tubuh menurun. Saat kekebalan tubuh menurun, Anda semakin mudah terserang virus. Inilah yang membuat Anda rentan terserang flu atau pilek saat hujan.

Cuaca mendung yang minim matahari juga mendukung semakin ramainya penyakit pada saat musim hujan. Hal ini karena ketiadaan sinar matahari yang membantu “membunuh” virus. Selain itu saat musim hujan Anda jarang terkena sinar matahari yang memberi vitamin D pada tubuh. Menurut penelitian yang dipublikasikan pada “The Medical Journal Archives of Internal Medicine”, orang dengan kandungan vitamin D yang rendah pada darah lebih mudah terkena flu, pilek, atau batuk.