Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Artikel Kesehatan

Makanan Yang Dapat Meningkatkan Hormon Progesteron

Hormon Progsteron merupakan salah satu hormon penting dalam fungsi s3ksual dan reproduksi wanita. Hormon ini berperan dalam menjaga stabilitas tubuh, stabilitas hormonal, dan menekan efek samping dari ketidakseimbangan hormonal. Itu sebabnya beberapa pakar kesehatan menyarankan untuk meningkatkan produksi progesteron untuk menjaga kestabilan hormonal tubuh secara menyeluruh.

 

Gejala Akibat Kekurangan Hormon Progesteron tidak hanya terjadi pada wanita usia senja atau usia menopause, tapi bisa juga terjadi pada wanita muda saat mengalami PMS (premenstrual syndrome). Akibat yang ditimbulkan dari kekurangan hormone progesteron adalah sebagai berikut :

 

1. Miss V kering, wanita sering mengalami kekeringan pada miss V nya saat menjelang menopause, kekeringan ini juga mengakibatkan hubungan intim menjadi menyakitkan.

2. Penambahan berat badan diarea perut, akibat dari kekurangan hormon progesteron akan menimbulkan penambahan berat badan di sekitar perut anda.

3. Kurangnya Daya Ingat, akan berkurang ketika anda mengalami kekurangan hormon tersebut.

4. Kelelahan, jika anda kelelahan yang tidak jelas, mungkin anda telah mengalami kekurangan hormon progesteron.

5. Insomnia, jika anda tidak bisa atau susah tidur coba cek mungkin anda sedang mengalami rendahnya hormon progesteron.

6. Depresi, kekurangan hormone ini dapat menimbulkan despresi yang banyak juga menimbulkan masalah bunuh diri.

7. Kista ovarium, siklus menstruasi yang tidak teratur bisa mengakibatkan kista ovarium yang juga disebabkan rendahnya tingkat hormon progesteron.

8. Siklus Haid tidak teratur, mungkin anda mengalami siklus mens 20 hari bukan 28 hari, atau mungkin mengalami mens berat selama 1 bulan dan setelah itu bulan berikutnya tidak mens sama sekali ini bisa diakibatkan dari kekurangan progesteron.

9. Menstruasi Berat, anda akan mengalami pendarahan hebat, dan pendarahan bergumpal.

10.Premestrual Syndrom, munculnya suasana cemas, mood atau susasana hati berubah tiba tiba, ini merupakan akibat kekurangan hormon progesteron.

11.Keguguran, kekurangan hormone ini dapat juga mengakibatkan terjadinya keguguran pada proses kehamilan.

12.Infertilitas, perempuan tidak mampu berovulasi dan tidak memiliki kesuburan.

 

Agar hormon progesteron dapat meningkat, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah dengan memakan makanan yang dapat meningkatkan kadar hormon progesteron. Sebenarnya, sebagian besar makanan di bawah ini tidak mengandung sumber progesteron. Tetapi memiliki beberapa senyawa dan nutrisi yang mendorong tubuh memproduksi lebih banyak progesteron. Apa saja makanan sumber progesteron tersebut? Berikut ini daftarnya.

 

Susu murni hewani

 

Progesteron secara alami diproduksi maksimal pada masa kehamilan dan menyusui. Dan secara otomatis juga akan Anda jumpai pada susu yang memang notabene diproduksi ketika tubuh memproduksi progesteron tinggi. Dan hal ini juga terjadi pada jenis hewan mamalia termasuk sapi, kambing, dan unta. Jadi Anda akan menemukan sejumlah progesteron alami dalam susu murni.

 

Makanan dengan kadar vitamin E

 

Vitamin E terbukti mendorong tubuh meningkatkan produksi progesteron. Fakta ini diungkap dalam Journal of Ovarian Research tahun 2009 yang mengungkap 67% wanita yang menjalani diet dengan memaksimalkan asupan vitamin E akan mengalami peningkatan progesteron setidaknya 1,5 kali lebih baik. Beberapa makanan sumber vitamin E antara lain, kacang-kacangan, biji-bijian, termasuk pula kecambah dan tempe.

 

Makanan sumber vitamin C

 

Dalam riset lain yang dilaporkan dalam journal “Fertility and Sterility” pada Agustus 2003, terbukti vitamin C bekerja efektif meningkatkan kadar progesteron. Dalam journal disampaikan bahwa riset melibatkan 122 wanita yang mengalami keluhan fertilitas dan mestruasi yang tidak teratur, serta terbukti mengalami masalah dengan kadar progesteron. Hasil dari riset menunjukan setidaknya pada lebih dari 80% populasi menunjukan peningkatan kadar progesteron pasca populasi menjalani konsumsi vitamin C 750 mg selama 3 pekan dan menunjukan kehamilan setelah konsumsi diteruskan lagi beberapa pekan. Beberapa sumber makanan kaya vitamin C antara lain buah noni, buah jeruk, dan tomat.

 

Buah dan sayuran

 

Beberapa jenis buah dan sayuran mengandung beberapa senyawa yang terbukti meningkatkan produksi progesteron. Biasanya sayuran dan buah ini mengandung sejumlah jenis senyawa, vitamin C, E, dan A yang baik untuk sistem endokrin atau sistem domino kelenjar dalam tubuh yang dikelola oleh hipotalamus dalam otak. Senyawa utama yang banyak dijumpai adalah aneka jenis flavonoid. Beberapa buah dan sayuran yang direkomendasikan antara lain bayam merah, noni, aneka macam buah berry, srikaya, dan kiwi.

 

Beberapa jenis teh herbal

 

Teh yang terbuat dari rosella, teh hijau, teh oregano, dan teh ekstrak sarang semut terbukti memiliki sejumlah senyawa unik bersifat anti oksidan yang baik melakukan detoksifikasi dan membantu memperbaiki fungsi endokrin termasuk membantu mendorong pembentukan progesteron. Sebenarnya teh herbal yang kami sebutkan di atas memiliki kandungan senyawa seperti caryophyllene, luteolin, quercetin, dan beberapa jenis senyawa lain merupakan bagian dari flavonoid juga. Malah beberapa memiliki sifat flavonoid yang lebih lengkap dengan kemampuan lebih cepat dalam meningkatkan kadar progesteron dalam tubuh.

 

Dengan mengonsumsi makanan-makanan diatas, maka keluhan kekurangan progesteron bisa dicegah. Diketahui sebelumnya, bahwa kedua hormon gender ini penting bagi tubuh tetapi dapat berakibat buruk bagi kesehatan bila berada dalam kadar berlebihan.

 

Namun, Anda juga perlu berhati-hati dalam mengonsumsi makanan sumber progesteron. Karena bila dilakukan berlebihan, kadar progesteron akan terlalu tinggi dan mendominasi. Secara natural ketika progesteron mendominasi, maka tubuh akan menurunkan kadar estrogen dan testosteron. Anda akan menunjukan gejala kekurangan estrogen atau testosteron yang juga bisa membahayakan tubuh.

 

Sumber: www.deherba.com/
www.amazine.co