Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Artikel Kesehatan

Bagi Anda, Perhatikan Berikut Ini!!

Setiap orang pasti menginginkan memiliki perut yang kecil. Untuk mendapatkan perut yang kecil memang bukanlah hal yang susah. Karena dengan melakukan diet dan olah raga, setiap orang dapat memperkecil ukuran perutnya. Yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah ketika perut telah mengecil, bagaimana dengan kondisi lambung. Apakah kondisi lambung juga akan mengecil begitu perut mengecil?

 

Mungkin diantara Anda semua terbersit pertanyaan tersebut. Tetapi yang harus Anda ketahui adalah pada dasarnya lambung memang memiliki sifat elastis sehingga kapasitasnya bisa mengecil dan membesar. Hasil penelitian American Journal of Clinical Nutrition yang dilansir dari Kompas Health menemukan bahwa sejumlah pasien obesitas yang menjalani diet dapat mengecilkan kapasitas lambung mereka sampai 27 persen dalam 4 minggu. Selama periode tersebut, makanan mereka dibatasi hanya sebesar 600 kalori per hari, atau sepertiga dari porsi harian.

Penelitian tersebut sekaligus menyimpulkan bahwa kapasitas lambung dapat mengecil akibat pola makan yang dikurangi. Sebaliknya, kapasitas lambung dapat pula membesar atau melar saat intensitas makan seseorang meningkat. Besar kecilnya kapasitas lambung disesuaikan oleh komposisi dan jumlah makanan yang masuk ke dalamnya. Saat seseorang puasa atau diet, makanan yang masuk ke dalam lambung cenderung lebih sedikit, hal itulah yang memengaruhi kapasitas dan morfologis lambung.

 

Pertanda Baik Untuk Diet?

 

Saat perut terasa penuh hanya dengan makanan yang lebih sedikit dari biasanya, kemungkinan besar itu pertanda kapasitas lambung Anda mengecil. Sebagian orang mungkin menganggap ini sebagai kemajuan yang semakin mendukung dietnya. Namun jangan salah, jika nafsu makan tetap tinggi dan Anda menurutinya, maka lambung akan kembali melar.

 

Menurut James J. Lee, dokter spesialis pencernaan, meski ukuran lambung kita mengecil bukan berarti kita jadi tak gampang merasa lapar. Hormon yang bertanggung jawab mengontrol nafsu makan, termasuk leptin dan ghrelin, akan meningkat pada orang yang menjalankan puasa ataupun diet. Dengan begitu, perut justru akan lebih sering merasa kelaparan karena ditekannya asupan makan. Ketika Anda menuruti nafsu makan, rencana diet Anda mungkin akan berantakan.

 

Lalu, bagaimana menjaga kapasitas lambung tetap kecil namun nafsu makan tidak melonjak? Lakukan dengan mengonsumsi makanan berserat dan berprotein. Makanan berserat yang terbaik adalah dari buah-buahan, sedangkan protein bisa didapatkan dari kacang-kacangan. Sebab, kandungan serat dan protein dapat mengontrol hormon nafsu makan. Dengan begitu, diet Anda akan semakin lancar dan membuahkan hasil.


Sumber : http://holisticare.co.id/