Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Artikel Kesehatan

Makan Buah Dan Sayur Berwarna Untuk Kesehatan Tubuh

Para ahli menganjurkan untuk mengkonsumsi buah dan sayur yang berwarna cerah. Mengapa demikian? Karena semua sayur dan buah  yang berwarna cerah tersebut mengandung phytonutrient tumbuhan yang dirancang untuk melindungi tumbuhan tersebut dari sinar matahari, penyakit, masalah-masalah tanah dan temperatur ekstrim. Tumbuhan menciptakan zat kimia yang berkhasiat sebagai anti-inflammatory dan antioksidan. Untuk mendapatkan khasiat pencegah penyakit ini, para ahli menganjurkan untuk makan paling sedikit 9 jenis buah dan sayur berikut ini. 

 

Buah dan Sayur yang berwarna merah

Buah dan sayur yang berwarna merah seperti semangka dan tomat mengandung lycopene yang dapat menurunkan risiko jantung dan beberapa jenis kanker. Resveratrol dalam anggur merah dapat membantu mengatasi penyakit paru dan asma.

Buah dan sayur yang berwarna jingga

Buah dan sayur yang berwarna jingga kaya akan betakaroten yang dapat membantu meningkatkan sistem imun, menyehatkan kulit dan mempertahankan tulang yang sehat. Selain itu juga dapat menjaga kesehatan mata. Potassium dalam buah-buah sitrua membantu mencegah penyakit jantung. Buah dan sayur yang berwarna jingga yang terbaik terdapat pada wortel, aprikot, mangga, jeruk, labu kuning, dan ubi jalar.

Buah dan sayur yang berwarna kuning

Dalam laboratorium, limonoids sejenis senyawa yang terdapat di dalam buah-buah sitrus dapat mencegah kanker kulit, kanker paru, kanker payudara, kanker kolon. Salah satu sayuran yang berwarna kuning adalah paprika kuning yang sangat kaya akan vitamin C yang berkhasiat untuk menguatkan sistem imun. Selian itu buah dan sayur yang berwarna kuning lainnya yang terbaik adalah nanas, lemon, dan jagung kuning

Buah dan sayur yang berwarna nila

Makan buah dan sayur yang berwarna nila seperti berry dan buah anggur mengandung ellagic acid, sejenis senyawa antipenuaan dan dapat juga mencegah kanker. Buah dan sayur yang berwarna nila yang terbaik adalah buah plum, terung, blackberry, anggur ungu, prune, bawang bombai ungu dan kol ungu.

Buah dan sayur yang berwarna biru

Blueberry kaya akan zat kimia anti inflammatory dan berkhasiat juga untuk mencegah kanker. Dalam sebuah riset menyebutkan bahwa blueberry dapat membantu menjaga ingatan tetap jernih. Selain itu, blueberry juga kaya antioksidan, lebih tinggi dibanding semua makanan.

BUah dan sayur yang berwarna hijau

Sayuran hijau mengandung lutein dan zeaxanthin, dua karotenoid yang melindungi penglihatan dan menurunkan risiko mengembangkan macular degeneration, penyakit mata yang tak tersembuhkan yang dapat menyebabkan kebutaan.Brokoli, kol, dan sayuran cruciferous lainnya mengandung senyawa-senyawa yang dikenal sebagai isothiocyanates yang mengandung senyawa-senyawa antikanker. Selain brokoli dan kol, sayur dan buah yang terbaik yang berwarna hijau adalah kiwi, lettuce, bayam, melon, avokad.

Buah dan sayur yang berwarna putih

Allicin merupakan sejenis senyawa yang terdapat di dalam bawang dan bawang putih, yang dapat mencegah pertumbuhan tumor. Sebagian makanan putih juga mengandung flavonoid yang membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan penyakit kanker. Pilihan terbaik untuk buah dan sayur yang berwarna putih adalah bengkuang, pir, pisang, kembang kol, jamur, bawang dan bawang putih.

Sumber: Majalah Aura