Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Artikel Kesehatan

Mengatasi Perut Buncit

Perut buncit sangat tidak enak dipandang mata. Hal ini berlaku kepada siapa saja. Tidak hanya wanita, pria pun akan terlihat tidak bagis ketika perutnya buncit. Selain itu, perut buncit juga jadi sumber penyakit. Banyak hal yang membuat perut menjadi besar alias buncit salah satunya karena pola hidup yang tidak sehat seperti makan sebelum tidur dan sesudah tidur, kurang berolahraga, sering duduk terlalu lama. Selain itu juga akibat pola makan yang tidak sehat seperti makan terlalu banyak, terutama makan makanan yang terlalu berlemak, terlalu manis. Lalu bagaimana cara mengatasi agar perut tidak besar atau buncit? Kami berikan tips ini untuk Anda yang ingin mengecilkan perut.

 

1.Kurangi konsumsi garam

Terlalu banyak garam akan menambah ektra sodium terhadap cairan tubuh yang memperlambat mekanisme sehingga mendorong air keluar dari sel. Akibatnya perut terasa penuh dan menggelembung.

2.Konsumsi serat yang tepat dalam jumlah cukup

Serat adalah elemen penting dalam diet, tetapi untuk mengimbangi penyimpanan air yang menyebabkan penggelembungan, makanlah serat dalam buah-buahan seperti apel dan pear yang memiliki banyak kandungan air.

Makanan seperti oatmeal dan buncis mengandung serat yang tinggi sehingga mampu membantu menyusutkan lemak perut dengan berbagai cara. Makanan ini membuat Anda merasa lebih cepat kenyang daripada makanan rendah serat, dan membutuhkan waktu mencerna lebih lama untuk membuat Anda merasa kenyang

3. Awasi pengobatan

Perut yang mengembang adalah efek samping dari konsumsi obat. Aspirin kadang-kadang menyebabkan masalah perut yang memicu sembelit dan penggelembungan, termasuk pil kontrasepsi.

4. Hindari sembelit

Sembelit didefinisikan sebagai memiliki lebih sedikit dari tiga kali buang air besar dalam seminggu atau jika terlibat ketegangan. Sebagai akibat perut terasa menambah besar. Untuk merangsang isi perut, tingkatkan konsumsi serat dari buah-buahan dan sayuran, lakukan secara gradual untuk menghindari fermentasi dan produksi gas yang berlebihan.

5. Konsumsi lemak sehat

Makanan yang kaya dengan lemak sehat ini antara lain minyak zaitun dan alpukat. Minyak zaitun secara khusus tidak hanya membantu Anda membakar lemak, tetapi juga membantu menjaga kadar kolesterol tetap dalam batas normal. Anda juga bisa ngemil makanan, seperti kacang almond, yang tidak hanya kaya lemak tak jenuh tunggal, tetapi juga menjadi sumber protein yang memberikan efek membakar lemak. Almond juga membantu mencegah sakit perut akibat lapar

6. Olahraga

Olahraga memang salah satu cara yang wajib ditempuh untuk menghilangkan si perut buncit. Olahraga akan membantu menggerakkan cairan dalam perut yang dapat menyebabkan perut besar dengan mendorongnya keluar dari jaringan dan masuk aliran darah dimana akan dikeluarkan sebagai keringat atau dibawa ke empedu untuk dikeluarkan sebagai urine. Olahraga yang disarankan antara lain aerobic, berjalan kaki.

7.Selalu Bawa Air Putih

Ide untuk membawa air putih (air mineral) kemana pun anda pergi sebenarnya telah sering kita dengar untuk keperluan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Sedangkan dalam usaha untuk merampingkan ukuran perut yaitu, ketersediaan air putih mengurangi kemungkinan kita memenuhi kebutuhan hidrasi dengan minuman tinggi kandungan gula maupun bersoda. 

9. Lupakan Fast Food

Usaha untuk ‘ngecilin’ perut buncit memang tidak semudah yang dibicarakan. Harus ada tekad yang kuat dan benar-benar diperjuangkan.

Makan rame-rame di gerai ‘makanan cepat saji’ dengan sajian utama ayam potong memang mengasyikkan, namun harus anda sadari jika menu-menu itu terlebih yang hanya disajikan dengan cara digoreng merupakan rintangan terbesar yang harus anda lalui.

10. Selamat Tinggal Minuman Bersoda

Ketika terik menyengat ubun-ubun anda, minuman bersoda bisa menjadi pahlawan saat itu. Namun tahukah anda, jika minuman bersoda merupakan sumber kalori yang sangat tinggi dengan nilai gizi dan nutrisi yang sangat rendah.

Hal itu disebabkan oleh komposisi fruktosa yang ada pada minuman bersoda. Ketidakmampuan tubuh untuk memproses dengan baik kalori yang bersumber dari fruktosa tersebut hanya akan berakhir pada lemak di perut.

11. Bukan Berarti Kelaparan 

Menghilangkan perut buncit bukan berarti melewatkan salah satu waktu makan, apakah itu sarapan, makan siang maupun makan malam. Apalagi jika harus mengalami kelaparan karena mengurangi makan secara ekstrim. 

Cara yang tepat adalah mengatur pola makan dan hanya mengkonsumsi makanan sehat dengan frekuensi yang tetap yakni makan tiga kali sehari, sarapan, siang dan malam.

12. Makan Secara Perlahan 

Rasulullah mengingatkan untuk makan dengan tidak tergesa-gesa. Ternyata, hal itu juga memiliki pengaruh terhadap kesehatan khususnya lemak dalam perut. 

Karena makan secara perlahan akan menjaga anda untuk tetap makan dengan porsi yang proporsional dan seimbang. Jika tidak, tanpa sadar anda akan memasukkan memasukkan makanan dalam jumlah pesar kedalam perut. 

13. Tidur Cukup dan Berkualitas 

Jangan abaikan satu faktor penting ini. Jika anda beranggapan bahwa untuk mengatasi perut buncit hanya dibutuhkan latihan dan diet, maka sudah waktunya untuk berpikir ulang. 

Berbagai referensi menyebutkan bahwa kecukupan waktu untuk beristirahat khususnya tidur malam hari memiliki peran yang sangat signifikan dalam upaya untuk memerangi permasalahan seputar obesitas dan postur tubuh yang tidak proporsional.

14. Lemon Hangat di Pagi Hari

Hal pertama yang harus Anda lakukan setelah Anda terbangun adalah dengan memulai hari Anda dengan segelas lemon hangat diikuti dengan jus buah seperti mint dan ketumbar. Ini akan membantu metabolisme.

Selain itu Anda harus melakukan beberapa aktivitas fisik seperti jalan cepat atau jogging selama minimal 30 menit dengan beberapa latihan berkonsentrasi pada perut.

15. Latihan Senam Pernapasan 

Rasanya terdengar ‘aneh bin ajaib’ jika upaya untuk menurunkan berat badan serta diet cepat dan sehat dihubungkan dengan latihan pernapasan. Namun fakta dan kenyataannya memang seperti itu. Latihan senam pernafasan dilakukan untuk melatih seseorang tetap tenang dengan menjaga ritme nafas agar senantiasa teratur, nyaman dan rileks.