Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Artikel Kesehatan

Jangan Malas Minum Air Putih, Bisa-Bisa Anda Terkena Gangguan Kesehatan Ini!

Dalam tubuh manusia mengandung air sebanyak 60 persen. Tubuh manusia membutuhkan cairan atau air dalam jumlah yang sesuai untuk tubuhnya. Fungsi air dalam tubuh manusia yaitu untuk menjaga kesegaran tubuh, membantu sistem pencernaan agar lebih lancar, mengeluarkan racun dalam tubuh lewat keringat dan urine. Air juga berfungsi untuk pelarut, katalisator, pelumas, untuk mengatur suhu tubuh serta sebagai penyedia elektrolit dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Untuk memenuhi kebutuhan tubuh, setiap orang diharuskan minum air putih 6-8 gelas. Lalu, bahaya apakah jika manusia kurang minum air putih bagi kesehatan?

Mengganggu Fungsi Otak

Air putih sangat baik untuk sel-sel otak kita. Fungsi air putih ini agar otak bisa berpikir lebih cepat, tidak mudah lupa atau pikun dan bisa berkonsentrasi untuk setiap aktivitas yang di jalankan. karena jika kekurangan air terutama air putih akan menyebabkan cairan di otak akan menurun, asupan oksigen yang semestinya mengalir ke otak juga ikut berkurang. Sehingga menyebabkan sel - sel otak menjadi tidak aktif dan tidak berkembang sebagaimana yang diharapkan.

Berbagai Gangguan Kesehatan

Bahaya kurang minum air putih berikutnya yaitu terasa haus, tenggorokan terasa kering, suhu badan menjadi panas, terkena gejala sakit kepala, air kencing akan bewarna pekat, denyut nadi yang terasa cepat, gejala halusinasi dan juga berakibat fatal yaitu kematian.

Infeksi Kandung Kemih

Bahaya kurang minum air putih berikutnya yaitu akan menyebabkan infeksi kandung kemih. Gejala infeksi kandung kemih yaitu suhu badan yang sedikit meningkat, terasa nyeri pada saat buang air kecil bahkan kadang kala terdapat darah dalam urine yang dikeluarkan.

Kulit Tampak Kusam

Bahaya kurang minum air putih yang selanjutnya yaitu kulit menjadi kusam atau tidak menunjukkan kulit yang cerah dan awet muda karena aliran darah kapiler di kulit pada tubuh tidak maksimal.

Membahayakan Ginjal

Bahaya kurang minum air putih yang kelima yaitu dapat menganggu fungsi kerja ginjal pada tubuh anda. Ini dikarenakan air putih sangat penting untuk mencegah batu ginjal. Fungsi air putih pada organ ginjal akan membuat komponen pembentuk batu ginjal menjadi lebih mudah luruh bersama buang air kecil yang kita keluarkan setiap harinya. 

Masalah pencernaan

Saluran pencernaan adalah sistem yang sangat kompleks, yang sangat memerlukan air untuk membantu mencerna makanan . Mulas dan sembelit adalah beberapa masalah pencernaan yang terkait dengan kurang asupan air. Lapisan dinding perut terdiri dari 98% air,  dan mengandung bikarbonat untuk melindunginya terhadap asam lambung. Lapisan ini harus selalu tebal setiap saat untuk mencegah masalah perut. Air membantu mempertahankan ketebalan lapisan lambung . Tidak minum cukup air maka lapisan ini akan menipis, dan menimbulkan kerusakan .

Kurang air juga menyebabkan konstipasi. Air dibutuhkan tubuh untuk mengolah makanan yang masuk dan mengeluarkan makanan yang tak dapat dicerna. Kekurangan air bisa memicu penumpukan racun dalam tubuh dan konstipasi. Masalah lainnya yang bisa muncul adalah kembung, sakit perut, mual, dan kehilangan nafsu makan.

Radang sendi

Tulang rawan di setiap persendian adalah terdiri dari sekitar 80% air . Tulang rawan sendi memiliki permukaan yang halus, dan agar memungkinkan pergerakan tubuh yang lebih mudah maka harus tetap dilumasi. Tidak cukup minum air dapat menyebabkan kurangnya pelumasan pada sendi, sehingga menghasilkan gesekan yang lebih besar. Ketika sendi kehilangan pelumasan, maka fungsionalitasnya akan  mulai merosot dengan cepat dan mengarah ke timbulnya arthritis. Jumlah asupaan air minum yang disarankan adalah 1/2 ons dibanding per kg berat badan. Air juga  membantu menjaga sendi agar tetap terlumasi dengan baik, dan mengurangi nyeri karena arthritis .

Tekanan Darah Tinggi

Hipertensi sangat umum dialami oleh orang yang kekurangan cairan atau mengalami dehidrasi. Ketika sel tubuh kekurangan air, tubuh akan memberikan sinyal pada otak untuk mengeluarkan zat kimia bernama vasopressin. Zat ini menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan memicu tekanan darah tinggi.


Kurang minum air juga bisa menyebabkan infeksi saluran kemih yang menyakitkan dan serius. Beberapa gejalanya seperti sensasi terbakar saat buang air kecil, sakit punggung, urine berwarna gelap dan keruh, atau mengandung darah.
 
Penambahan berat badan
Banyak orang yang salah mengartikan rasa haus dengan lapar. Ini membuat mereka makan lebih banyak dan menyebabkan berat badan bertambah. Sisi lainnya, jika kita memenuhi kebutuhan carian tubuh, metabolisme akan bekerja dengan maksimal dan membantu menurunkan berat badan.

Demikianlah beberapa gangguan kesehatan atau penyakit yang muncul akibat kurang minum air putih, tentu saja belum ditambah dengan penyakit pengentalan darah dan penyakit berat lainnya yang timbul akibat kekurangan cairan dalam tubuh.