Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Artikel Kesehatan

Empat Tanda Awal Stroke Yang Tak Boleh Diabaikan

Banyak orang yang mempunyai gejala stroke sebelum serangan stroke, tapi cenderung diabaikan dan tidak berusaha mendapatkan pengobatan dini yang bisa mencegah stroke. Sebuah studi terbaru menemukan bahwa perempuan lebih cenderung melaporkan sakit dan nyeri ringan ketimbang kehilangan fungsi motor dasar seperti bicara dan keseimbangan yang sering mendahului stroke.

Berikut ini adalah gejala-gejala yang harus diperhatikan dan segera kunjungi dokter Anda jika Anda mengalami salah satu diantaranya.

 

Gangguan penglihatan

Penglihatan mendadak kabur atau salah satu mata tidak bisa melihat merupakan pertanda stroke, begitu menurut David Wirbers M.D. dalam bukunya Stroke-Free for Life : The Complete Guide to Stroke Prevention and Treatment. Rasanya seperti ada tirai yang menghalangi penglihatan anda, lalu mendadak hilang lagi seperti kemunculannya yang juga mendadak. Selain itu mengalami penglihatan ganda juga merupakan gejala yang dapat diartikan sebagai kelelahan yang biasa. Hal ini biasanya terjadi terutama jika Anda menatap layar komputer sepanjang hari.

Sulit bicara

Mendadak sulit bicara atau memahami pembicaraan orang lain adalah gejala lain yang mungkin timbul. Selain mendadak sulit bicara, bisa juga mendadak bicaranya menjadi gagap atau merepet, atau salah melafalkan huruf atau kalimat.

Mati rasa setempat

Hati-hati jika  Anda mendadak merasa lengan, kaki atau wajah Anda mati rasa, dan jika terjadi hanya di satu sisi tubuh. Lemah karena kelelahan cenderung terjadi di seluruh tubuh. Tapi mati ras yang ditimbulkan stroke lebih terbatas di satu tempat.

Sakit kepala yang hebat

Jangan abaikan sakit kepala mendadak yang sangat parah. Kemungkinan juga disertai leher kaku atau pusing. Rasa sakit ini jauh berbeda dengan sakit kepala yang disebabkan stres. Bila Anda rentan terhadap migrain atau tidak, tetapi Anda mengalami rasa sakit kepala yang luar biasa yang berbeda dari biasanya, maka rasa sakit kepala seperti inilah yang wajib Anda waspadai sebagai awal gejala stroke.

Sumber : Tabloid Aura