Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Artikel Kesehatan

5 Manfaat Memijat Kaki Sebelum Tidur

Selama ini orang membutuhkan pijatan ketika tubuhnya mengalami kelelahan, atau ketika otot-ototnya terasa tegang dan kaku. Pijatan pada tubuh bisa dilakukan dari ujung kaki sampai ke ujung kepala. Diharapkan dengan bantuan pijatan ini, otot-otot yang semula tegang bisa lebih relaks, dan tubuh yang semula mengalami kelelahan lebih bugar karena peredaran darah lebih lancar. 

Teknik pijatan pun banyak macamnya. Salah satunya yang kita kenal adalah pijat refleksi. Pijat refleksi pertama kali dipraktekkan oleh dokter Mesir sekitar tahun 2500-2300 sebelum masehi. Seiring dengan perkembangan jaman, pijat refleksi ini juga mengalami perkembangan hingga bisa dilakukan pada kaki saja. Refleksi kaki didasarkan pada bagian titik-titik di kaki yang bisa merangsang semua bagian di tubuh sehingga membawa perubahan fisiologis secara menyeluruh.

Dilansir dari laman stylecraze.com, ada beberapa manfaat sehat ketika seseorang melakukan pijat kaki setiap malam sebelum tidur. Dan berikut adalah beberapa manfaat tersebut.

 

MENINGKATKAN SIRKULASI DARAH

Perlu diketahui, pijat kaki secara teratur bisa membuat aliran darah dalam tubuh makin baik serta maksimal. Selain meningkatkan sirkulasi darah, pijat kaki juga akan membuat kulit menjadi lebih sehat. Lebih jauh, pijat kaki juga akan membantu mengurangi penumpukan lemak jahat di kaki. Bagi penderita diabetes, melakukan pijat kaki setidaknya 20 menit sebelum tidur bisa membantu proses penyembuhan.

MENGATASI MASALAH MIGRAIN

Anda punya masalah dengan migrain atau sakit kepala lainnya? Jika iya, untuk mengatasinya cobalah untuk melakukan pijat kaki sebelum tidur. Penelitian menyebutkan bahwa melakukan pijat kaki dan menekan bagian tertentu pada kaki bisa mengobati berbagai penyakit termasuk penyakit migrain.

MENURUNKAN TEKANAN DARAH

Satu lagi manfaat luar biasa melakukan pijat kaki sebelum tidur adalah menurunkan tekanan darah. Tak hanya menurunkan tekanan darah, pijatan yang nyaman di kaki juga akan membantu pikiran lebih fresh, rileks dan tenang. Beberapa study menyebutkan bahwa melakukan pijat kaki setidaknya 10 menit setiap hari sebelum tidur akan bantu tubuh melepaskan hormon penyebab kecemasan dan masalah lain termasuk darah tinggi.

MEMPERBAIKI HUBUNGAN INTIM BERSAMA PASANGAN

Melakukan pijat kaki yang dibarengi dengan memijat minyak terapi dan mendengarkan musik bisa membantu pikiran lebih tenang serta bahagia. Ketika pikiran menjadi lebih tenang dan bahagia, bisa dipastikan hal ini akan memperbaiki hubungan intim Anda bersama pasangan. Pijatan yang tepat di kaki dipercaya akan meningkatkan gairah bercinta seseorang.

MENURUNKAN RESIKO MENOPAUSE

Pijat kaki rupanya juga sangat bermanfaat untuk para wanita. Study menyebutkan bahwa pijat kaki bisa membantu para wanita menurunkan risiko Menopause. Selain menurunkan risiko Menopause, pijat kaki juga efektif mengatasi bengkak pada kaki dan pergelangan kaki ketika seorang wanita tengah hamil. Itulah beberapa manfaat mengagumkan dari pijat kaki untuk kesehatan. Dengan segudang manfaatnya, usahakan untuk melakukan pijat kaki sebelum Anda tidur ya.

Semoga informasi ini bermanfaat dan kita pun selalu diberikan kesehatan maksimal serta dijauhkan dari segala macam bentuk penyakit.

Sumber: https://www.facebook.com/harmonis.sehat