Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Artikel Kesehatan

Perhatikan Gejala Tubuh Ini, Mungkin Kolesterol Anda Tinggi!

Kolesterol adalah salah satu komponen lemak, selain trigliserida, fosfolipid, dan asam lemak bebas. Kolesterol berfungsi membentuk dinding sel (membran sel) dalam tubuh. Selain itu ia juga berperan penting dalam produksi hormon s*ks, vitamin D, serta untuk fungsi otak dan saraf. Manusia rata-rata membutuhkan 1.100 miligram kolesterol per hari untuk memelihara dinding sel dan fungsi fisiologis lain.

Kolesterol dalam tubuh patut diwaspadai, karena bisa menumpuk dengan cepat dan mengendap tanpa disadari. Fakta yang lebih mengejutkan 7,9% Orang di dunia meninggal karena Kolesterol. di Indonesia penderita penyakit Kolesterol mencapai 28%. Jika tidak segera diatasi, kolesterol tinggi dapat mengancam kesehatan hingga menyebabkan kematian. Beberapa penyakit akibat tingginya kolesterol, antara lain : jantung, stroke, dan penyumbatan pembuluh darah. Meskipun tidak ada gejala khusus akibat tingginya kadar kolesterol dalam darah, namun tubuh tetap memberikan indikator yang membuat Anda patut mewaspadainya.

Ada beberapa gejala tubuh yang bisa menunjukkan bahwa kadar kolesterol kita tinggi.  Untuk itu, simak 7 gejala tubuh akibat kolesterol tinggi yang tidak disadari berikut ini:

 Kesemutan

Sering merasa kesemutan pada tangan, kaki atau bagian tubuh tertentu merupakan pertanda aliran darah tidak lancar sehingga ada syaraf yang tidak mendapatkan pasokan darah yang cukup. Salah satu penyebab aliran darah tidak lancar adalah kolesterol.

Pusing di kepala belakang

Pusing atau kepala bagian belakang terasa berat harus diwaspadai, karena bisa jadi karena kolesterol tinggi. Kolesterol menyebabkan tersumbatnya pembuluh darah di sekitar kepala. Apabila dibiarkan, maka bisa berakibat pecahnya pembuluh darah yang menyebabkan stroke.

Pegal di tengkuk/pundak

Pundak dan tengkuk terasa pegal bisa jadi karena kurangnya pasokan oksigen dan darah ke area tersebut akibat penumpukan kolesterol. Oleh karena itu, segera waspadai dan lakukan upaya untuk mengatasinya.

Rasa Nyeri pada kaki

Kaki terasa nyeri bisa juga merupakan tanda kolesterol tinggi. Kolesterol menyebabkan tersumbatnya pembuluh darah arteri sehingga aliran darah ke kaki terhambat.

Mudah Mengantuk

Sering menguap terjadi akibat kurangnya pasokan oksigen ke otak. Sering mengantuk yang tidak wajar bisa jadi akibat penumpukan kolesterol yang menyumbat pembuluh darah sehingga pasokan oksigen ke otak tidak bisa optimal.

Warna Kuku berubah

Warna kuku yang tak biasanya bisa dicurigai akibat kolesterol tinggi. Terganggunya sirkulasi darah menyebabkan kuku tidak mendapat pasokan darah yang cukup sehingga akan terjadi perubahan yang bisa dikenali dengan mudah, yakni : kuku menebal dan lebih lambat pertumbuhannya.

Kram pada malam hari

Kram pada beberapa anggota tubuh akibat kolesterol tinggi bisa dirasakan saat malam hari setelah bangun tidur, yakni : kram pada kaki, tumit, telapak kaki dan lainnya. Rasa nyeri tersebut akan hilang dnegan sendirinya ketika Anda menggerakkan anggota tubuh.

Tanaman herbal yang berkhasiat mengobati kolesterol 

Daun salam

Bagi anda yang kebetulan memiliki masalah dengan kelebihan kadar kolesterol, ada baiknya anda mencoba mengkonsumsi bahan rempah-rempah yang satu ini yakni daun salam. Manfaat daun salam sendiri sudah banyak diketahui oleh banyak orang. Selain digunakan sebagai bahan penyedap masakan, daun salam juga bisa digunakan sebagai obat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Caranya sangat mudah yakni sediakan 10 hingga 15 lembar daun salam yang masih segar. Kemudian cuci hingga bersih lalu rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa kurang lebih 1 gelas saja. Setelah itu dinginkan dan saring air rebusan daun salam lalu minum sekaligus ketika malam hari. Lakukan secara rutin, dengan demikian kadar kolesterol akan berkurang secara perlahan.

Daun jati 

Penelitian ini pun menunjukkan manfaat Daun Jati Belanda yang berpengaruh dalam meningkatkan kadar high-density lipoprotein (HDL). HDL bisa mengurangi tingkat kolesterol sel dengan mengambil-alih kolesterol berlebih dalam jaringan yang selanjutnya diolah di dalam organ hati dan akhirnya dikeluarkan beserta cairan empedu. HDL mempunyai kemampuan melindungi pembuluh darah jantung. Itu artinya Daun Jati Belanda dapat digunakan sebagai obat anti-hiperlipidemia. Saat ini pun sudah banyak dijual produk jamu atau minuman dengan bahan baku daun Jati Belanda ini. 

Buah markisa

Buah markisa dapat bermanfaat dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

Diolah dari berbagai sumber