Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Artikel Kesehatan

Gadget Berbahaya Untuk Pertumbuhan Otak Anak

Seiring dengan perkembangan jaman, pertumbuhan teknologi terutama gadget semakin berkembang. Tidak hanya orang tua yang saat ini sedang kegandrungan dengan teknologi ini tetapi anak-anak pun juga kecanduan dengannya. Rasanya sudah sangat umum bila melihat anak SD bahkan anak balita menghabiskan waktunya dengan gadget. Mereka lebih senang menghabiskan waktunya bermain game online dengan gadgetnya daripada harus beraktifitas lainnya, apalagi bila harus bermain-main di luar rumah. 

Sebuah survei terbaru di Taiwan menunjukkan bahwa 56 persen anak-anak usia 10 sampai 13 tahun memiliki smartphone, namun yang lebih mengejutkan ialah 25 persen anak-anak usia 2 sampai 5 tahun juga sudah memiliki smartphone. Kebiasaan seperti ini tentunya cukup mengkhawatirkan.

Rentang usia 0 sampai 2 tahun pada anak merupakan masa dimana otak sedang mengalami proses pertumbuhan yang luar biasa. Sehingga bila terjadi stimulasi pada usia tersebut dapat menyebabkan efek yang kurang baik seperti ADHD (gangguan perkembangan dalam peningkatan aktivitas motorik anak-anak), keterlambatan kognitif, dan penurunan kemampuan untuk mengendalikan diri (tantrum). Hal ini ditunjang dengan sebuah penelitian Cris Rowan, seorang ahli terapi okupasi dari British Columbia University, dalam artikelnya yang berjudul ”The Impact of Technology on Child Sensory and Motor Development”, yang menunjukkan bahwa pemberian teknologi pada anak di bawah 12 tahun akan menyebabkan kerugian dalam hal perkembangan dan pembelajarannya.

Bagi perkembangan anak, kegiatan di luar rumah merupakan kegiatan yang sangat baik. Sayangnya aktifitas di luar rumah dianggap membahayakan oleh orangtua, sehingga banyak orangtua menginginkan anaknya untuk tetap bermain di dalam rumah yang dianggap lebih aman.  Padahal, ini bisa disiasati dengan selalu mendampingi anak ketika ia berada di luar rumah, serta tidak luput memakaikan anak alas kaki (sepatu) untuk mencegah kuman dan penyakit. 

Beraktivitas fisik secara rutin yang dilakukan oleh anak pada rentang usia sejak lahir hingga lima tahun memiliki efek yang luar biasa bagi kesehatan. Berikut di antaranya:

  • Menurunkan Indeks Massa Yubuh (IMT) dan lemak tubuh
  • Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular
  • Memperbaiki pembentukan tulang
  • Memperbaiki kemampuan kognitif, sosial, dan emosional
  • Mencegah obesitas
  • Meningkatkan kepercayaan diri

Yuk, mulai saat ini ajaklah Si Kecil beraktivitas di halaman. Kegiatan yang dapat dilakukan bisa dimulai dari yang sederhana seperti berlarian mengejar hewan peliharaan, bermain ayunan kecil, petak umpet, dan sebagainya. Buat Si Kecil merasa terhibur, agar ia menyenangi kegiatan di luar rumah. Selain itu, jangan sungkan untuk ikut bermain bersama Si Kecil karena dengan cara ini, Anda bisa lebih mendekatkan diri secara emosional dengannya

Sumber: klikdokter.com