Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Artikel Kesehatan

Pola Makan Untuk Mengatasi Gangguan Asam Urat

Mungkin untuk Anda yang menderita gangguan asam urat pernah diminta untuk menghindari makanan tertentu. Tapi ketika sudah dihindari, rasa sakitnya tidak kunjung hilang. Lalu, dimana salahnya?

Sebenarnya, mengatur pola makan penting untuk kita lakukan. Tidak peduli kita dalam kondisi sehat atau dalam kondisi sakit. Tetapi ketika kita mengalami gagguan kesehatan misalnya saja terjadi gangguan asam urat tidak bisa langsung diatasi hanya dengan menghindari makanan tertentu, tetapi keseluruhan pola makan harus dibenahi sesuai dengan kerja alami organ tubuh. Sebisa mungkin menerapkan pola makan yang baik dan mengefektifkan proses penyerapan (seperti Food Combining) untuk meringankan fungsi organ dan memperbaiki kerusakannya.

Berikut ini adalah jenis makanan beserta aturan mengkonsumsinya agar Anda dapat mengatasi gangguan asam urat

1. Makanan yang harus benar-benar distop adalah makanan yang mengandung purin tinggi seperti jeroan (hati, ampela, ginjal, usus, paru, otak, jantung), kaldu instant, ikan kalengan, kerang, dan remis.

2. makanan yang boleh dikonsumsi  tetapi harus dibatasi jumlahnya
yaitu makanan berlemak, termasuk masakan bersantan, daging, ayam.
Batasi juga asparagus, sayuran hijau (bayam, daun singkong, dll), sayuran polong (buncis, kacang panjang, kecipir, dll), dan kacang-kacangan (kc. merah, kc. tolo, kedelai, tempe, dll). Sebaiknya dikombinasikan dengan sayuran bebas atau rendah purin seperti sayuran umbi (wortel, lobak), sayuran buah (labu air, labu siam, terong, pare, mentimun, tomat, dll), sayuran daun yang tak berwarna hijau seperti kol/kubis, kembang kol, dll). Biasakan makan sayuran beragam warna (minimal 3 warna /hari).

3. Perbanyak makan beragam buah, termasuk nanas. Karena kandungan vit C dan bromelin pada nanas dapat membantu mengatasi lonjakan kadar asam urat dan nyeri pada otot. Buah lain yang dianjurkan adalah ceri segar dan stowberry karena mengandung banyak zat anti gout.

4. Kurangi asupan karbohidrat sederhana seperti gula pasir dan makanan/minuman manis.
Pilih karbohidrat kompleks seperti beras merah, havermoot, bekatul yang tidak melonjakkan kadar gula darah sehingga pankreas tidak terpicu untuk meningkatkan produksi insulin.

5. Hindari makanan beralkohol spt nangka, tape, brem

Oleh : Eti Widayati