Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Artikel Kesehatan

Tips Mengatasi Saat Gejala GERD Menyerang

Beberapa tips apabila GERD menyerang

Sobat Azzam Rumah Herbal, artikel ini membahas beberapa hal yang memberikan tips bagi anda apabila asam lambung menyerang naik sampai ke kerongkongan ( GERD ):

Apabila dengan tiba-tiba tenggorokan anda merasa ada yang  mengganjal, itu disebabkan karena asam lambung yang naik ke kerongkongan. Untuk mengatasi nya, sebaiknya Anda minum air hangat sambil duduk yang rilex, tarik nafas panjang dan hembuskan pelan-pelan. Berusahalah untuk tetap rileks dan bebaskan pikiran anda dari tekanan apapun masalah hidup yang sedang anda hadapi. 

Sikapilah hidup anda dengan santai tanpa beban, jangan terlalu banyak pikir. Dalam kenyataan, setiap orang pasti adalah masalah, namun hadapilah kenyataan hidup  dengan berserah diri kepada  Allah SWT, Tuhan penggenggam setiap jiwa dan kepada Nya lah kita kembali,  sebab dengan demikian pikiran anda semakin tenang.  Jika ada masalah, jangan terlalu dipikir apalagi diratapi terlalu jauh, sebab perbuatan tersebut dapat menyebabkan rufluk dan meningkatkan asam lambung. Jika asam lambung yang fungsinya membantu mencerna makanan terjadi over produksi, akibatnya dapat melukai dinding lambung dan bila terus dibiarkan akan naik ke kerongkongan dan menyebabkan rasa tidak nyaman di tenggorokan dan panas di dada (heartburn) yang akhirnya terasa nyeri di dada.

Apabila kondisi Anda belum pulih benar,  cobalah untuk melakukan died makanan dan jangan coba-coba makanan yang menjadi pantangan sampai anda merasa benar-benar sembuh. Hindari makanan yang mengandung gas seperti sawi, dan kol. Serta hindari makanan berlemak tinggi seperti seafood, kacang-kacangan, keju, susu, coklat, dll . Ada baiknya anda makan makanan rebus saja. Makanlah makanan yang banyak serat, seperti sayur-sayuran yang aman seperti sop isi wortel dan kentang rebus, telur rebus serta sayur bayam dengan labu kuning.

Apabali kondisi Anda sudah mulai pulih, jaga makan dan jangan makan sembarangan terlebih dahulu, kendalikan nafsu makan anda, terutama untuk menikmati makanan berlemak, makanan ber gas dan makan lainnya yang cenderung bersifat asam. Lakukan makanan dengan porsi terjaga, misalnya dengan melakukan food combining.  

Banyak minum air putih (hangat), sangat banyak menolong tenggorokan anda yang terasa menganjal dan terasa serak di kerongkongan.  Lakukan Olahraga ringan misalnya jalan-jalan 30 menit sehari, atau bersepeda sehari 1 jam. 

Makan buah-buahan sesuaikan dengan kondisi anda masing-masing. Misalnya buah naga merah dan jangan kaget kalau BAB anda menghitam setelah makan buah ini karena itu reaksi normal, atau buah lain nya misalnya makan pepaya, apel, melon,  pir hijau, anggur.

Jangan langsung tidur sesudah makan, beri jeda waktu 2-3 jam. Makan setelah tidur dapat menyebabkan rufluk asam lambung lambung ke kerongkongan. Apabila anda tidur, tinggikan bantal anada, apabila Anda mengantuk coba bantalnya ditumpuk sampai 2 lapis agar tidak terjadi refluks asam lambung. Kalau tidak, biasanya akan terjadi batuk yang hebat secara tiba-tiba saat anda tertidur. 

Buatlah hidup Anda  selalu gembira, kunjungi teman-teman anda dan bergembiralah dengan mereka. Bersilaturahim lah dengan sebanyak  mungkin  teman-teman terdekat anda. Jaga stamina dan sampai terlalu lelah dan jangan mau dikuasai oleh keadaan tapi kendalikan keadaan maka Anda akan jadi pemenang atas ujian hidup ini. Sakit Anda kali ini adalah teguran dari Allah SWT yang sangat mencintai mahluknya untuk kembali mengingat Nya dan sekaligus penggugurkan dosa-dosa yang telah lalu. Berpikir positif dan yakinkan diri Anda bahwa suatu hari nanti Anda pasti sembuh. 

Jangan berpikir yang aneh-aneh tentang penyakit Anda, jangan berpikir terkena guna-guna karena penyakit ini aneh dengan berbagai sensasi. Sakit terasa berpindah kemana-mana sensasi nya. Tenang saja, penyakit ini bukan penyakit guna-guna. Semua orang yang terserang penyakit GERD pasti akan merasakan gejala seperti ini.

Apabila makan, lakukan dengan santai pelan-pelan dan sedikit demi sedikit, kalau perlu makan sedikit tapi sering dilakukan. Atur pola makan anda, makan besar 3x sehari selebihnya makanan ringan/ setidaknya perut Anda tidak kosong lebih dari 3 jam. Sebaiknya makan buah buahan  saja sebagai cemilan. 

Sebaik makan Ikan yang boleh dikonsumsi yang hidup di air tawar, misalnya lele. Hindari makanan pedas dan asam, demi pulihnya kesehatan Anda sendiri. 

Latihan meditasi/ banyak berdoa mendekatkan diri pada Tuhan sesuai agama dan kepercayaan masing-masing.

Jangan terlalu banyak menggunakan obat bahan kimia, lakukan pengobatan secara alami, obat herbal seperti minum kunyit, temulawak, madu, habbatussaudah, buah pare dan daun lidah buaya. Kalau kebiasaan anda adalah perokok jauhilah, kalau kebiasaan anda minum kopi, apalagi kopi instan buang lah jauh-jauh. Sementara jangan minum air teh, ganti teh hijau tawar dan hangat. Lebih baik banyak minum air putih.

Lakukan kebiasaan hidup sehat, selanjutnya anda akan terbiasa  hidup sehat dan jangan lupa selalu berpikir positif. Semoga disanalah kesembuhan menyertai kehidupan anda, Aamiin..