Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Artikel Kesehatan

Waspada Dengan Gastroesophageal Reflux Disease (GERD)

Mungkin Anda pernah merasakan kejadian seperti ini. Ketika Anda selesai makan terutama makan makanan yang pedas atau yang berlemak, Anda merasakan panas di dada, rasa mual, atau mungkin ada sesuatu di kerongkongan Anda yang mengganggu sehingga Anda ingin sekali untuk batuk. Bagi Anda yang mungkin pernah mengalaminya, menganggapnya sebagai hal yang biasa. Tapi sebenarnya, hal itu harus diwaspadai. Mungkin saja Anda mengalami  Gastroesophageal Reflux Disease (GERD).    

 

Gastroesophageal reflux disease (GERD) merupakan penyakit saluran pencernaan yang bersifat kronis. Penyakit ini terjadi ketika asam lambung atau terkadang isi lambung naik kembali ke esofagus (refluks) sehingga seseorang akan mengalami mual bahkan muntah. Akibat naiknya asam lambung maka akan mengiritasi dan membakar esofagus atau kerongkongan sehingga menimbulkan rasa panas pada dada (heartburn) sampai bagian dalam leher bahkan tenggorokan.

GERD dapat menyebabkan terjadi kerusakan pada lapisan kerongkongan sehingga memicu ulkus, perdarahan, hingga kanker.
Pada kasus yang parah, penyakit ini menyebabkan infeksi batuk kronis, asma, sinus, serta infeksi tenggorokan dan paru-paru.