Biduran

    Pada kesempatan kali ini, kita akan mengenal apa itu sebenarnya penyakit Biduran atau dalam bahasa medis disebut urtikaria. Mungkin diantara Anda semua sudah pernah merasakan biduran. Ya, bentol-bentol yang bisa berwarna kemerahan atau pucat di sekujur badan disertai rasa gatal dan panas, yang mungkin Anda derita ketika udara terlalu dingin atau terlalu panas. Sebenarnya biduran bukanlah penyakit yang serius, tetapi karena rasa gatal di sekujur tubuh yang disertai dengan rasa panas itulah yang membuat penderitanya sangat terganggu. Sampai-sampai penderitanya bisa mengalami lecet-lecet akibat garukan di daerah yang gatal. Biduran pada keadaan tertentu sering tidak diketahui secara pasti penyebabnya. Ketidakpastian penyebab timbulnya biduran disebabkan faktor yang berpengaruh sangat banyak dan sulit dipastikan. Untuk lebih jelasnya, silahkan Anda simak catatan di bawah ini.

    Biduran bisa mengenai siapa saja, tidak mengenal umur ataupun jenis kelamin. Hanya saja sering mengenai orang dewasa dibanding yang masih muda. Biduran terjadi sebagai akibat pelebaran pembuluh darah (vasodilatasi) dan peningkatan kepekaan pembuluh darah kecil (kapiler) sehingga menyebabkan pengeluaran cairan (transudasi) dari membran pembuluh darah, akibatnya terjadi bentol pada kulit. Kondisi ini dikarenakan adanya pelepasan histamin yang dipicu oleh paparan alergen (bahan atau apapun pencetus timbulnya reaksi alergi).

     

    Adapun pelepasan histamin terjadi melalui 2 mekanisme: (1) mekanisme imunologi, yakni reaksi hipersensitivitas type 1 atau adakalanya type 3; (2) mekanisme non-imunologi, (liberator histamin) yakni reaksi yang bersifat fisik.

    Penyebab biduran tidak diketahui secara pasti. Satu alasan umum seseorang terkena biduran adalah karena suatu reaksi alergi. Beberapa pencetus alergi yang umum adalah sejumlah makanan (seperti susu, kerang-kerangan, buah berry, dan kacang), obat-obatan (seperti antibiotik), dan tersengat atau tergigit serangga. Penyebab-penyebab lain yang tidak berhubungan dengan alergi termasuk udara dingin, panas, stres, olah raga, atau bahkan infeksi akibat virus.

    Beberapa pemeriksaan penunjang diperlukan untuk membuktikan penyebab biduran

    • Pemeriksaan darah, air seni dan tinja rutin untuk menilai ada tidaknya infeksi yang tersembunyi atau kelainan pada alat dalam
    • Pemeriksaan imunologis seperti pemeriksaan kadar IgE, eosinofil dan komplemen.
    • Test kulit, walaupun terbatas kegunaannya dapat dipergunakan untuk membantu diagnosis. Uji gores dan uji tusuk dapat dipergunakan untuk mencari alergen.
    • Tes eliminasi makanan dengan cara menghentikan semua makanan yang dicurigai untuk beberapa waktu, lalu mencobanya kembali satu per satu.

    Pengobatan

    Pengobatan yang paling ideal tentu saja mengobati penyebab atau bila mungkin menghindari penyebab yang dicurigai. Bila tidak mungkin paling tidak mencoba mengurangi penyebab tersebut, sedikit-dikitnya tidak menggunakan dan tidak berkontak dengan penyebabnya. Beberapa obat yang dapat dipergunakan diantaranya yang bersifat sebagai antihistamin. Karena dengan obat itu dapat mengontrol gejalanya, tetapi tidak dapat menghilangkan gejalanya.

    Habbatussauda dapat dijadikan alternatif untuk mengobati biduran. Karena biduran juga dapat dipicu oleh alergi, maka secara otomatis habbatussauda atau jintan hitam dapat juga menyembuhkan biduran. Apalagi di dalamnya terkandung zat antihistamin yang telah terbukti menyembuhkan alergi. Baca selengkapnya di Jintan Hitam dapat Menyembuhkan Alergi.

    Pencegahan

    • Hindari alergen yang diketahui. Termasuk beberapa makanan dan penyedap makanan, obat-obatan dan beberapa situasi seperti panas, dingin atau stress emosional
    • Membuat catatan. Mencatat kapan dan dimana urtikaria terjadi dan apa yang kita makan. Hal ini akan membantu anda dan dokter untuk mencari penyebab urtikaria.
    • Hindari pengobatan yang dapat mencetuskan urtiakria seperti antibiotik golongan penisilin, aspirin dan lainnya.

    Diolah dari berbagai sumber

     

     



    © 2021 Mojokertocyber Media. All Rights Reserved.