Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Artikel Kesehatan

Mencermati Risiko Kanker Paru bagi Perempuan

Perempuan berisiko lebih tinggi mengidap kanker paru dibanding pria, lepas dari merokok atau tidak. Riset terbaru menunjukkan, kaum perempuan yang merokok memiliki resiko terkena kanker paru lebih tinggi dibanding kaum pria yang merokok. Kaum perempuan umumnya mulai merokok lebih lambat bila dibanding dengan kaum pria. Hal inilah yang menjadi salah satu sebab makin meningkatnya kasus kanker paru di antara perempuan. Dan menurut riset tersebut menunjukkan bahwa perokok perempuan mempunyai risiko 3 kali lebih tinggi mengembangkan kanker paru dibanding perokok pria. Bahkan yang lebih mengagetkan lagi, perempuan yang tidak pernah merokok tampaknya juga berisiko lebih tinggi, atau 2 kali lebih tinggi mengembangkan kanker paru dibanding pria yang tidak merokok. 

 

Cara mendeteksi dini

 Untuk mendeteksi dini adanya risiko kanker paru tersebut, dokter ahli menyarankan agar para perokok dan mantan perokok melakukan spiral CT scan setiap tahun. Dengan melakukan spiral CT scan, foto sinar X 20 detik dari paru yang dapat mendeteksi kanker pada tahap yang paling dini, yang berkemungkinan paling besar untuk disembuhkan. Sayangnya, mungkin hal ini tidak bisa dilakukan oleh semua orang, karena biaya untuk pemeriksaan ini cukup mahal.

 Tapi setidaknya dengan melakukan spiral CT scan, kanker paru pada stadium 1A dapat dengan mudah terdeteksi, sehingga kemungkinan untuk disembuhkan cukup besar. Tapi, yang terpenting dari semua ini adalah bagi yang masih merokok, sebaiknya berusaha berhenti dari kebiasaan merokok. Melihat akibat yang ditimbulkan dari merokok ini, sudah sepantasnya kita lebih mencintai tubuh dan kesehatan yang kita miliki. Sedangkan bagi yang tidak merokok, sebaiknya jangan meremehkan tanda-tanda peringatan. Segera periksakan diri ke dokter jika Anda menderita batuk yang berkepanjangan, napas terengah-engah, dahak berdarah, suara serak atau parau, infeksi saluran napas yang kambuh terus, nyeri di dada, berat badan turun atau nafsu makan berkurang. Semoga kita bisa menjadi manusia yang bisa bersyukur karena telah diberikan kesehatan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa dengan selalu menjaga kesehatan kita.