Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Artikel Kesehatan

Kopi bisa melawan Kanker

kopi melawan kankerHarumnya kopi yang baru diseduh tidak saja menyegarkan Anda di pagi hari, tapi juga bisa membantu tubuh melawan kanker dan penyakit jantung, demikian menurut para peneliti dari California, Amerika Serikat.

Menurut Prof. Takayuki Shibamoto, ahli toksikologi lingkungan dari Universitas california, Amerika Serikat, kopi yang baru diseduh akan memproduksi antioksidan yang penting untuk kesehatan. Hal ini sebanding dengan antioksidan seperti vitamin E atau C.

 

Oksidan adalah oksigen yang mengandung molekul yang disebut bebas radikal. Para peneliti mengatakan bahwa oksidan dapat merusak DNA dan membran-membran sel sehingga dapat menyebabkan kanker.

Sementara antioksidan dapat mengurangi kadar radikal bebas. Keadaan ini diperkirakan dapat melawan kanker, mengurangi efek penuaan, serta menurunkan penyakit jantung. Menurut peneliti, antioksidan yang terdapat dalam satu cangkir kopi panas, setara dengan tiga buah jeruk.

Agar zat antioksidannya manjur, kopi yang akan dihirup dan diminum tidak boleh dingin, atau paling lama sebaiknya diminum sekitar 10 menit setelah diseduh. Kalau  kopi dibiarkan dingin, zat kimia yang mengandung antioksidannya sudah tidak manjur lagi.

Sumber: Majalah AyahBunda