Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Artikel Kesehatan

Tahukah Anda, Manfaat Pelukan?

manfaat pelukanBukan tanpa alasan, rupanya, bila banyak orang yang suka dipeluk. Ternyata, pelukan memiliki banyak manfaat. Sentuhan fisik melalui pelukan disebut-sebut bisa merangsang  keluarnya hormon endomorfin yang bisa menenangkan fikiran.

Menurut dr. Dyan Pramesti, MKes, SpAnd, seorang androlog dari RSU dr. Soetomo, pelukan merupakan salah satu bentuk sentuhan positif antara dua insan. Memang, di negara ini, pelukan sering dianggap tabu dilakukan di tempat umum, apalagi bila dilakukan dua orang yang berlainan jenis. Tapi, lepas dari tabu sosial tersebut, pelukan bermanfaat secara psikologis dan fisiologis bagi segala usia.

dr. Dyan juga menambahkan, pada saat tubuh merasakan sentuhan, neurotransmitter di otak akan mengirim hormon endomorfin ke dalam aliran darah. Kuantitas yang dihasilkan saat berpelukan cukup besar dibandingkan sentuhan lain seperti belaian, ciuman atau rabaan. Kehadiran hormon endomorfin, mampu menurunkan ketegangan saraf dan tekanan darah. Saat seseorang sedang depresi, pelukan sangat manjur untuk menurunkan emosi. Bahkan, pada dua orang yang tidak saling mengenal pun, pelukan tetap menghasilkan hormon endomorfin.

Secara psikologis, mendapat pelukan juga bisa diartikan mendapat dukungan. Itu bisa mendatangkan kekuatan bagi orang yang sedang sedih. Bagi orang yang memberi pelukan, di sisi lain, aktivitas sederhana tersebut bisa meningkatkan kepercayaan diri. Karena dengan memberi pelukan, orang akan merasa dibutuhkan dan mampu memberi empati.