Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Artikel Kesehatan

Jamur Mengandung Nutrien Penting Untuk Kesehatan

Menurut analisa data nutrien terkini, jamur mengandung beberapa nutrien penting seperti copper, potassium, folate, dan niacin. Menurut hasil riset yang dilakukan di California Amerika ini, dari 7 jenis jamur yang teliti yang diambil dari outlet ritel di seluruh negara, seperti jamur kancing putih, jamur cyster, shiitake, enoki, portabella, crimini dan maitake.

Sebagian besar jamur dianalisa dalam keadaan mentah. Tapi jamur kancing putih yang umum digunakan dalam resep juga dianalisa sesudah ditumis dan dimasak dengan microwave untuk menilai kadar nutrien yang tertinggal setelah dimasak. Jamur portabella dianalisa sesudah di grill dan jamur shiitake dianalisa sesudah ditumis. Kebanyak nutrien ditemukan tetap bertahan ketika di masak.

Semua jamur mengandung copper dalam jumlah bermakna. Cooper membantu tubuh memproduksi sel-sel darah merah dan mendorong berbagai reaksi kimia yang penting untuk kesehatan manusia.

Jamur juga mengandung potassium dalam jumlah bermakna. Potassium adalah sejenis mineral yang membantu tubuh mempertahankan irama jantung yang normal, keseimbangan cairan, fungsi otot dan fungsi saraf. Dua pertiga cup irisan jamur portabella yang di grill mengandung jumlah potassium yang sama dengan kandungan dalam sebuah pisang ukuran sedang.

Sumber: ARS. USDA/NUTRIENT DATA (Majalah Aura)