Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Artikel Kesehatan

Susu Kambing Berkhasiat Sembuhkan TBC

Susu Kambing Menyembuhkan Penyakit TBCSusu kambing adalah minuman penuh khasiat yang diperlukan untuk kesehatan badan sehari-hari. Susu kambing sesuai untuk semua lapisan umur. Susu ini boleh diminum saat panas atau dingin, malah boleh dibuat es krim, keju dan mentega. Susu kambing adalah minuman yang kandungan gizinya tidak kalah dibanding dengan susu sapi. Bahkan keluhan-keluhan kesehatan yang sering dijumpai akibat minum susu sapi tidak ditemukan pada susu kambing. Susu kambing dapat dijadikan sebagai alternatif bagi mereka yang memiliki alergi minum susu sapi. Boleh jadi itulah hikmahnya mengapa dalam riwayat-riwayat shahih tentang kehidupan Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam dan sahabat-sahabatnya kita temui mereka minum susu kambing, dan bukan susu sapi. Namun, manfaat susu kambing sayangnya masih belum disadari oleh banyak orang.

Diantara jenis minuman yang biasa diminum oleh Rasulullah adalah susu kambing segar, yakni langsung diminum sesudah diperah dari ambing kambing. Seorang ahli pangan yang sangat memperhatikan pengaruh pola makan terhadap kesehatan dan proses timbul dan sembuhnya berbagai macam penyakit, Norman W. Walker telah membuktikan bahwa susu kambing segar adalah bahan makanan yang paling banyak menimbulkan lendir di dalam tubuh manusia. Beliau juga mengamati bahwa susu yang paling cocok untuk dikonsumsi manusia selain bayi yang belum lepas dari air susu ibu adalah susu kambing segar.

Dinyatakan pula bahwa pemanasan di atas 48 derajat Celcius justru merusak nilai fisiologis susu kambing dan dapat menyebabkan gangguan kesehatan karena menimbulkan lendir yang berlebihan, suatu hal yang kontroversial bagi ahli gizi dan teknologi pengolahan pangan pada umumnya.

Susu kambing memiliki beberapa keistimewaan seperti kaya dengan protein, enzim dan vitamin A, mengandung faktor anti-antritis (inflamasi sendi). Setelah diteliti oleh pakar-pakar kesehatan susu ini dapat mengobati demam, penyakit kulit, gastrik, asma, insomnia dan ulcer. Khasiat susu kambing yang disimpan sejuk tidak akan berubah kualitasnya. Khasiat lain dari susu kambing adalah dapat mengobati penyakit TBC, yang merupakan salah satu penyebab kematian terbesar di Indonesia.

Tuberkolosis (TBC) adalah penyakit yang dapat diobati, yang disebabkan oleh bakteri (kuman) Mycobacterium tubercolosis. TBC dapat merusak paru-paru atau bagian tubuh yang laindan mengakibatkan penyakit parah. TBC dapat menular melalui batuk, bersin atau berbicara, lalu kuman dilepaskan di udara. Apabila orang lain menghirup kuman ini, mereka mungkin terinfeksi. Kebanyakan orang mendapat kuman TBC dari orang yang sering berada dekat dengan mereka, seperti anggota keluarga, teman atau rekan sekerja. . Lalu, untuk dapat menyembuhkan TBC, penderita dianjurkan untuk mengkonsumsi sebanyak 1 gelas susu kambing (300 cc) setiap hari selama satu bulan atau setidaknya sampai ada perbaikan.

Diolah dari berbagai sumber.