Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Artikel Kesehatan

Hati-Hati Bila Anda Serak Berkepanjangan

Jika anda mengalami serak yang berlangsung lebih dari beberapa minggu, Anda mungkin memiliki nodul atau polip di pita suara. Tetapi terdapat kemungkinan, Anda menderita kanker laring jika Anda abaikan, sehingga patut Anda mewaspadainya. Untuk itu, segera hubungi dokter atau spesialis THT untuk memeriksanya.

Nodul dan polip memiliki banyak kemiripan. Biasanya tidak berbahaya, tetapi biasanya disebabkan oleh voice abuse (pemakaian pita suara yang berlebihan), seperti berteriak secara berlebihan atau bernyanyi tanpa latihan yang tepat. Ketika Anda menggunakan pita suara secara tidak tepat sehingga tempat di mana pita suara bertemu menjadi tebal dan terbentuklah nodul.

Permasalahan seperti ini biasanya ditemukan pada mereka yang menggunakan suaranya secara profesional, seperti aktris, penyanyi, guru, dan juru bicara.

Kadang-kadang nodul akan hilang dengan sendirinya jika Anda berhenti berteriak atau kebiasaan buruk lainnya. Nodul biasanya dapat dibantu dengan terapi bicara, dimana seorang ahli mempelajari cara Anda berbicara dan menentukan apakah Anda "menyiksa" suara Anda. Nodul juga bisa diangkat dengan pembedahan. Tetapi pembedahan biasanya tidak diperlukan karena nodul jarang mengakibatkan sesuatu yang fatal seperti berhubungan dengan kanker.

Polip atau lesi lunak yang berisi cairan yang tumbuh di satu atau kedua pita suara tidak bisa menghilang dengan sendirinya. Hanya saja, polip lebih mengkhawatirkan dibandingkan dengan nodul karena bisa berkembang menjadi kanker, demikian menurut Frederick Godley, M.D., ahli THT di Harvard Community Health Plan of New England di Providence, Rhode Island.

Serak yang berkepanjangan juga dapat disebabkan oleh kondisi yang lebih serius seperti kanker laring, yang jauh lebih serius dibandingkan polip dan nodul. Kanker laring menyerang 9 ribu hingga 10 ribu orang Amerika setiap tahunnya. Penyakit ini menyebabkan pengangkatan pita suara pada 20 sampai 30 persen kasus. Dan biasanya, kanker laring berhubungan dengan merokok. Walaupun lebih menonjol pada pria, wanita dengan cepat menyusul, karena kebiasaan merokok pada wanita juga meningkat atau lebih banyak dari pria.

Untungnya, jika ditemukan awal, kanker laring merupakan jenis salah satu kanker yang paling dapat disembuhkan. Jika tumor belum mengenai permukaan pita suara, dikter dapat mengangkatnya dengan laser atau pembedahan tradisiona. Sebagian tumor yang kecil dapat diterapi dengan radiasi.

Sumber: The Female Body - Magazine Health Books