Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Artikel Kesehatan

Mendeteksi Penyulit Kehamilan dengan HSG

Untuk dapat mendeteksi mengapa wanita tak kunjung hamil banyak cara, salah satunya adalah hysterosalpingogram atau biasa disingkat HSG. HSG merupakan suatu zat sinar X yang akan dialirkan ke dalam tuba fallopi dan rahim (uterus). Seorang ahli radiologi akan melihat refleksi gambar pada monitor, saat cairan warna tertentu dialirkan ke dalam tuba fallopi dan rahim Anda.

Gambaran ini dapat membantu dokter melihat adanya gangguan atau sumbatan pada saluran reproduksi Anda. HSG dilakukan segera setelah siklus mentruasi Anda selesai. Dokter akan memberikan obat antibiotika sesaat sebelum dan beberapa hari setelah Anda menjalani HSG. Hal ini untuk mencegah terjadinya infeksi. Jika kemungkinan tuba fallopi Anda tersumbat, HSG akan terasa tidak nyaman bagi Anda, jadi sebelumnya Anda akan diberikan obat penghilang rasa nyeri. 

Sebelum melakukan pemeriksaan ada beberapa hal yang perlu Anda tanyakan kepada dokter seperti aktivitas apa saja yang harus Anda hindari, dan jangan lupa untuk memberitahu dokter jika Anda alergi terhadap suatu obat atau makanan tertentu.