Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Artikel Kesehatan

Napas Sesak Selama Kehamilan

Kehamilan membutuhkan kesiapan berbagai organ tubuh, sebab dengan semakin membesarnya kandungan, semakin 'berat' pula kerja berbagai organ tubuh. Salah satu di antara organ tersebut adalah paru-paru. Itulah sebabnya mengapa kadangkala Anda mengalami sesak napas.

Keluhan sesak napas ini biasanya terjadi pada saat kehamilan Anda di atas 32 minggu atau 8 bulan, ditandai dengan napas pendek-pendek. Sesak napas yang Anda alami bukan tanpa penyebab. Beberapa penyebab yang dapat memicu terjadinya sesak napas adalah sebagai berikut:

 

  •  Posisi janin dalam rongga perut menekan diafragma (sekat rongga badan). Pada keadaan seperti ini, paru-paru tidak mempunyai ruang untuk berkembang dengan leluasa, karena rahim (uterus) menekan ke arah atas.
  •  Meningkatnya kebutuhan ibu akan oksigen (zat asam), sekitar 20%. Hal ini menyebabkan Anda perlu bernapas lebih dalam dan bagian bawah rongga dada melebar ke samping. Padahal, kandungan Anda terus membesar.
  •  Sikap tubuh yang kurang baik. Tulang rusuk dan dada tidak cukup tinggi, karena Anda selalu membungkuk pada saat duduk, berdiri atau berjalan. Padahal, posisi yang demikian membuat Anda tidak memiliki ruang cukup besar.