Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Artikel Kesehatan

Rematik.. Bisakah disembuhkan?

Rematik, kata-kata itu pastinya tidak terlalu asing bagi kita. Dan yang sering mengeluhkan menderita penyakit tersebut adalah para manula. Mulai dari rasa sakit pada tulangnya atau sendi-sendinya, baik di daerah kaki, punggung, lutut atau pun di pinggang. Dan parahnya lagi, bila sudah merasakan kesakitan atau nyeri pada tulang atau sendinya, kebanyakan orang-orang akan meminum obat atau jamu yang beredar bebas di pasaran karena menurut mereka obat atau jamu tersebut dapat mengurangi rasa sakit yang di deritanya. Tapi apakah masalahnya akan berhenti sampai di situ? Tidak, karena tanpa disadari ternyata obat atau jamu yang dikonsumsi menyebabkan masalah baru dengan bertambahnya penyakit yang bersarang di tubuh. Mulai dari ginjal, hati, iritasi pada lambung.Sebenarnya apakah penyakit rematik itu dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut sekilas penjelasannya.

Istilah rheumatism berasal dari bahasa Yunani, rheumatismos yang berarti mucus, suatu cairan yang dianggap jahat mengalir dari otak ke sendi dan struktur klain tubuh sehingga menimbulkan rasa nyeri atau dengan kata lain, setiap kondisi yang disertai rasa nyeri dan kaku pada sistem muskuloskeletal (sendi, tulang, jaringan ikat dan otot).

Sebenarnya rematik yang sering terjadi di masyarakat ada banyak macam tapi yang paling sering terjadi adalah Osteoarthritis (Pengapuran Sendi), Reumatoid Arthritis (Radang Sendi), Osteoporosis (Pengeroposan Tulang), Gout Arthritis (Radang Sendi akibat Asam Urat/Pirai). Sebagian besar penyakit rematik tidaklah berbahaya hanya keberadaannya mengganggu. Terganggu karena rasa nyeri yang ditimbulkan, yang berakibat pada aktivitas sehari-hari yang tidak maksimal. Dan yang paling menakutkan jika penyakit ini tidak diobati secara benar akan memberi dampak pada baik ringan seperti kerusakan sendi maupun berat seperti kelumpuhan.

Kebiasaan yang sering terjadi di masyarakat adalah timbulnya rasa pegal-pegal disekujur badan, nyeri persendiannya, kaku-kaku, bengkak bahkan sampai tidak bisa bergerak dengan leluasapun dianggap sebagai hal biasa karena habis bekerja keras seharian. Dengan meminum obat atau jamu yang beredar di pasaran semua keluhan itu akan hilang. Tetapi kebanyakan mereka lupa efek samping akibat meminum obat ataupun jamu tersebut, karena obat atau jamu tersebut hanya bersifat sementara artinya untuk menghilangkan rasa sakit untuk saat itu saja, tidak bisa menuntaskan penyakitnya.