Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Artikel Kesehatan

Osteoarthritis

Pada artikel sebelumnya telah dibahas tentang rematik, yang merupakan penyakit yang sering dialami oleh siapa saja terutama yang sudah lanjut usia. Rematik terdapat banyak macam salah satunya yaitu osteoarthritis yang sering kita sebut sebagai Pengapuran Sendi. Sebenarnya apa itu pengapuran sendi, siapa saja yang biasanya dapat terkena penyakit ini dan apakah berbahaya? Berikut penjelasannya.

Osteoarthritis atau pengapuran sendi merupakan penyakit kerusakan tulang rawan sendi yang
berkembang lambat dan yang biasanya terserang adalah orang yang sudah berusia lanjut.Tetapi tidak menutup kemungkinan yang masih setengah bayapun mengalaminya. Hal ini mungkin dikarenakan faktor kelebihan berat badan sehingga orang tersebut sulit menahan badannya yang besar.Selain itu juga bisa diakibatkan oleh terlalu seringnya terjadi benturan pada sendi sehingga memicu terjadinya osteoarthritis.

Sendi yang sering terkena adalah sendi yang biasanya sering digerakkan dan sering mendapatkan beban seperti pergelangan tangan, siku, pinggang, lutut dan engkel pada tumit. Faktor penyebab osteoarthritis yaitu berkurangnya cairan pelumas (synovial) pada sendi, adanya peningkatan enzim penghancur struktur rawan sendi, adanya penurunan pembentukan proteoglikan (zat pelindung sendi), mulai pecahnya atau ausnya rawan sendi yang membungkus ujung tulang, dan terjadinya osteofit (pengapuran sendi)

Gejala-gejala yang sering terjadi adalah kaku dan nyeri sendi di beberapa sendi yang terkena terutama pagi hari ketika baru bangun dari tidur, hambatan gerakan sendi, sendi secara perlahan membesar, permukaan terkadang lebih hangat dari sekitarnya, kadang disertai kemerahan dan berubah bentuk (deformitas), serta gemeretak (krepitasi) pada sendi yang sakit