Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Artikel Kesehatan

Reumatoid Arthritis

Satu lagi macam dari rematik yaitu Reumatoid Arthritis atau yang lebih dikenal dengan radang sendi reumatik yang disebabkan oleh faktor genetis. Penyakit yang dapat mennyerang semua orang pada semua usia terutama wanita di usia produktif, biasanya dimulai akibat reaksi kekebalan. Kalau tidak diobati, penderita akan nyeri terus. Daerah mana saja yang sering diserang oleh penyakit ini. Dan bagaimana penanganannya ? Berikut penjelasannya.

Reumatoid Arthritis atau radang sendi reumatik merupakan suatu penyakit peradangan sistemik dan kronis yang penyebabnya tidak diketahui dan bermanifestasi pada lapisan dalam sendi (membran sinovial persendian). Penyakit ini mempunyai spektrum yang luas dan sangat bervariasi, begitu pula manifestasi pada beratnya sendi yg terkena dan juga manifestasi di luar persendian walaupun jarang tetapi juga sangat bervariasi.

Sebagian besar ahli berpendapat bahwa Reumatoid Arthritis merupakan penyakit autoimun yang etiologinya belum diketahui dan ditandai dengan sinovitis erosif (peradangan erosif lapisan dalam sendi) dan terjadinya simetris antara bagian tubuh kanan dengan kiri. Penyakit radang sendi yang satu ini sangat berkaitan dengan respon imun seseorang dengan dipengaruhi oleh faktor genetik dan faktor non genetik. Bila dipengaruhi faktor genetik, yang terjadi adalah peradangan kronis sinovial yang progresif sehingga menyebabkan kerusakan arsitektur persendian. Sedangkan faktor non genetik sebenarnya dapat dicegah atau setidaknya dapat dikendalikan misalnya usia, infeksi bakteri atau virus, dan gaya hidup (Merokok atau alkohol).