Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Artikel Kesehatan

Osteoporosis

Osteoporosis, siapa yang tidak pernah mendengarnya. Bila seseorang terkena osteoporosis mudah sekali mengalami patah tulang. Mengapa demikian? Karena osteoporosis merupakan penyakit keropos tulang yang disebabkan oleh berkurangnya kandungan kalsium tulang. Siapa saja yang dapat terkena osteoporosis dan bagaimana penanganannya? Berikut penjelasannya.

Osteoporosis atau pengeroposan tulang merupakan suatu kondisi dimana jumlah jaringan tulang telah berkurang sehingga sangat berisiko untuk terjadi patah tulang. Osteoporosis merupakan penyakit tulang sistemik yang ditandai oleh penurunan densitas masa tulang dan perburukan arsitektur tulang sehingga menyebabkan tulang menjadi rapuh dan mudah patah (fraktur). Penyakit ini banyak diderita oleh orang tua terutama wanita yang sudah menopause.

Penyakit ini sering tidak memunculkan gejala apapun hingga sampai suatu ketika pasien mengalami fraktur hanya karena sebab yang ringan. Tetapi gejala yang umum terjadi adalah tubuh makin pendek, nyeri tulang, perubahan postur tubuh (menjadi bengkok atau bungkuk) dan tulang mudah patah. Walaupun secara umum tidak berbahaya tetapi penyakit ini mempunyai potensi besar menimbulkan kelumpuhan dan sekitar 25% kematian pada orang lanjut usia merupakan rangkaian dari penyakit yang awalnya disebabkan fraktur akibat osteoporosis. Untuk itu pada orang lanjut usia harus diperhatikan faktor risiko terjadinya jatuh dan fraktur apalagi orang tersebut sudah terbukti mengalami osteoporosis.