Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Artikel Kesehatan

Gout Arthritis

Satu lagi yang termasuk dalam jenis rematik adalah Gout Arthritis yang biasa dikenal sebagai radang sendi asam urat. Penyakit yang biasanya juga disebut pirai ini banyak terjadi, tapi kebanyakan orang tidak mengetahuinya. Penderitanya cenderung berumur setengah baya, terutama laki-laki. Karena pada laki-laki peningkatan kadar asam urat darah biasanya terjadi pada masa pubertas. Asam urat tidak menyerang wanita yang belum menopause karena wanita masih memiliki hormon estrogen yang membantu mengeluarkan asam urat dari darah ke kencing. Sebenarnya apakah radang sendi asam urat ini dan bagaimana penanganannya? Berikut penjelasannya.

Gout Arthritis adalah peradangan sendi akut yang disebabkan oleh pengendapan kristal asam urat dalam rongga sendi. Gejala klasik asam urat ialah serangan akut berulang yang sangat nyeri pada pangkal jempol kaki dan beberapa sendi lainnya. Asam urat akut sering berulang dan berhubungan dengan peningkatan kadar asam urat dalam darah (hiperurisemia). Asam urat berasal dari purin yang ada dalam inti sel yaitu asam nukleat baik yang berasal dari tubuh manusia sendiri (penderita leukimia memiliki kadar asam urat yang tinggi) maupun dari makanan seperti daging merah, jeroan, seafood. Kadar normal kandungan asam urat pada manusia adalah 4-7 mg/dl. Asam urat yang terbentuk dalam tubuh kebanyakan akan dibuang ginjal melalui urin.

Gejala yang ditunjukkan pada saat terkena penyakit ini adalah persendian kaku, bengkak, merah, sulit berjalan, ataupun bergerak. Bila diobati, penyakit asam urat ini sembuh. Bahkan, tidak diobati pun rasa sakit berkurang, atau seperti sembuh. Namun, kadang-kadang mendadak kambuh lagi.

 Gout Arthritis (radang sendi) yang berulang akan menyebabkan arthritis akut diberbagai sendi. Gout Arthitis selama lebih dari 10 tahun akan menyebabkan terjadinya pengendapan kristal asam urat dalam sendi yang disebut tofus dan batu ginjal. Jumlah tofus berhubungan dengan berat dan lamanya arthritis dan kadar asam urat. Tofus ringan bila kadar asam urat 10-11 mg/dl, berat jika > 11 mg/dl.