Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Artikel Kesehatan

Permasalahan Seputar Ginjal

Pada artikel sebelumnya kita telah mempelajari bagaimana sistem kerja ginjal kini kita akan mempelajari permasalahan pada ginjal. Apa yang menyebabkan ginjal tidak bekerja sebagaimana fungsinya, bagaimana jika ginjal gagal bekerja, dan bagaimana penanganannya. Berikut adalah penjelasannya.

Pengetahuan masyarakat tentang bagaimana menjaga ginjal masih sangat minim. Karena kerusakan ginjal tidak terdeteksi sebelumnya, hingga pada saat seseorang telah divonis harus melakukan cuci darah maka kerusakan ginjal sudah dapat dikatakan pada stadium menengah hingga berat. Untuk itu diharapkan masyarakat lebih bisa menjaga kesehatan ginjalnya.

Ginjal merupakan organ vital yang mempunyai fungsi sebagai alat filtrasi, yaitu mengeluarkan kelebihan garam, air, dan asam. Serta membuang atau mengatur elektrolit seperti K, Ca, Mg, PO4, membuang sisa metabolisme tubuh, dan bertugas melakukan sekresi untuk menghasilkan EPO yang berfungsi untuk mengatur Haemoglobin darah (HB), aktivasi vitamin D untuk kesehatan tulang, serta mensekresi renin untuk mengatur tekanan darah.