Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Artikel Kesehatan

Waspadai Batu Ginjal!

Batu Ginjal merupakan material mineral kristal yang keras yang terbentuk di dalam ginjal atau saluran kencing. Batu ginjal sering menyebabkan darah di dalam air kencing dan nyeri perut dan pinggang berat. Batu ginjal kadang-kadang disebut renal calculi. Satu dari setiap 20 orang menderita batu ginjal pada satu waktu dalam hidupnya. Kondisi dimana terdapat batu ginjal disebut dengan nephrolithiasis. Adanya batu di lokasi mana pun dari saluran kencing disebut dengan urolithiasis. Siapa saja yang dapat terkena batu ginjal ini, apa penyebabnya dan bagaimana menanganinya? Berikut penjelasannya.

Penyebab batu Ginjal

Batu ginjal dapat disebabkan oleh beberapa hal yaitu :

* Batu ginjal terbentuk jika terjadi penurunan volume urin dan/atau kelebihan zat pembentuk batu di urin. Jenis batu ginjal yang paling sering adalah kalsium kombinasi dengan oxalat atau fosfat. Senyawa kimia lain yang dapat membentuk batu di saluran kencing adalah asam urat asam amino cystine.
* Dehidrasi. Akibat berkurangnya masukan cairan atau latihan yang keras tanpa penggantian cairan yang cukup dapat meningkatkan resiko terjadinya batu ginjal.
* Penyumbatan aliran urin juga dapat menyebabkan pembentukan batu.
* Batu ginjal juga dapat disebabkan oleh infeksi pada saluran kencing dan disebut dengan struvit atau batu infeksi dan batu ini lebih sering di temukan pada wanita dibanding pria
* Faktor gen, bila terdapat riwayat keluarga menderita batu ginjal juga merupakan faktor resiko terjadinya batu ginjal.
* Pria lebih sering menderita batu ginjal dan ras caucasian lebih sering terkena dibanding ras kulit hitam. Prevalensi batu ginjal mulai meningkat ketika laki-laki menginjak usia 40 an, dan makin meningkat sampai usia 70 an