Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Artikel Kesehatan

Ayo Jaga Selalu Hati Kita!

Kita seharusnya bersyukur karena Tuhan telah menciptakan hati untuk kita. Karena hati mempunyai peranan yang sangat luar biasa bagi kehidupan manusia. Apakah Anda tahu, andai saja Anda mengalami gangguan sedikit saja pada hati anda, maka hidup anda akan terancam. Dengan mengetahui cara kerja hati kita dan fungsinya bagi tubuh kita, diharapkan kita bertambah bersyukur dan semakin mendekatkan diri kepada sang pencipta.

Hati merupakan organ terbesar di dalam tubuh, berwarna merah pekat, terletak dalam rongga perut sebelah kanan, tepatnya di bawah diafragma. Pada orang dewasa beratnya mencapai kira-kira 1,3 kg. Secara anatomi, hati terletak di hipokondrium kanan dan epigastrium, dan melebar ke hipokondrium kiri. Hati dikelilingi oleh cavum toraks dan bahkan pada orang normal tidak dapat dipalpasi (bila teraba berarti ada pembesaran hati). Permukaan lobus kanan dapat mencapai sela iga 4/5 tepat di bawah aerola mammae. Lig falciformis membagi hati secara topografis bukan secara anatomis yaitu lobus kanan yang besar dan lobus kiri.

Hati mempunyai dua sumber pemasok darah yaitu arteri hepatik yang membawa darah berisi oksigen dari jantung dan pembuluh vena yang membawa sari makanan dari perut dan usus. Kedua pembuluh ini memasuki jaringan kelenjar hati dan memecah menjadi sinusoid (ruang-ruang mikroskopis di antara barisan-barisan sel hati).

Hati juga memasok darah yang mengandung oksigen pada dirinya sendiri melalui arteri hepatik yang merupakan cabang dari aorta. Darah yang meninggalkan hati dikumpulkan dalam pembuluh-pembuluh hepatik, bergabung menjadi satu pembuluh hepatik yang akan mengosongkan darah ke dalam vena cava inferior; dari sini darah diteruskan kembali ke bagian kanan hati, agar dipompa ke paru-paru.

Substansi hati dibentuk dari bagian-bagian yang disebut lobulus, yang dipisahkan oleh jaringan penghubung. Lobulus terbuat dari kolom-kolom sel yang dikelilingi kanal-kanal kecil yang disebut kanaliculi, yakni tempat empedu dibuang oleh sel-sel hati. Kanal-kanal ini bergabung untuk membuat saluran yang lebih besar, yang kemudian menjadi saluran hepatik.