Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Artikel Kesehatan

Hipoglikemia

Pada artikel sebelumnya telah dijelaskan bahwa komplikasi diabetes melitus yang sudah parah dapat mengakibatkan kehilangan kesadaran atau koma bahkan kematian. Komplikasi ini bisa disebabkan oleh karena kondisi hipoglikemia ataupun hiperglikemia. Bila hiperglikemia disebabkan karena adanya peningkatan kadar gula darah, bagaimana dengan hipoglikemia. Mengapa hipoglikemia dapat menyebabkan koma bahkan kematian. Apa penyebabnya dan bagaimana mengatasinya. Berikut penjelasannya.

Hipoglikemia adalah suatu keadaan dimana kadar gula darah (glukosa) secara abnormal rendah. Hipoglikemia berat dapat terjadi pada penderita diabetes berat yang telah menahun. Hal ini terjadi karena sel-sel pulau pankreasnya tidak membentuk glukagon secara normal dan kelanjar adrenalnya tidak menghasilkan epinefrin secara normal. Yang dimaksud dengan glukagon adalah hormon yang dihasilkan oleh sel pulau pankreas, yang dapat merangsang pembentukan sejumlah besar glukosa dari cadangan karbohidrat di dalam hati. Padahal pembentukan glukagon dan epinefrin tersebut merupakan mekanisme utama tubuh untuk mengatasi kadar gula darah yang rendah.

Sebagian besar kasus hipoglikemia terjadi pada penderita diabetes setelah diberikan obat penurun gula darah atau setelah diberikan suntikan insulin.