Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Artikel Kesehatan

Awas Buah Hati Anda Dapat Terkena Diabetes

Pada artikel sebelumnya telah dijelaskan bahwa diabetes dapat menjangkiti siapa saja, bukan hanya yang sudah dewasa tetapi anak-anak, balita bahkan bayipun bisa menderita diabetes. Diabetes pada anak sering disebut sebagai Juvenil Diabetes. Penyebab utama dari diabetes anak ini belum bisa diketahui secara pasti tapi salah satu penyebabnya adalah dikarenakan keadaan auto-imun yang dibawa gen keturunan dan dicetuskan, misalnya, oleh infeksi virus. Dengan alasan tersebut, maka pencegahan agar terhindar dari diabetes pada anak belum bisa dilakukan. Yang dapat dilakukan hanyalah meningkatkan kesadaran terutama kepada orang tua bahwa anakpun dapat terkena diabetes.

Umumnya diabetes yang diderita anak-anak adalah diabetes tipe 1 yang bergantung kepada insulin. Insulin sangat dibutuhkan untuk memproses gula dan mengubahnya menjadi energi dalam metabolisme tubuh. Tetapi karena insulin tidak ada atau sangat sedikit jumlahnya maka proses metabolisme tersebut tidak terjadi. Sehingga kadar gula darah meningkat, energi tidak terbentuk dan membuat anak menjadi cepat lelah, cepat lapar dan cepat haus.

Meskipun tidak banyak, seorang anak juga bisa terkena diabetes tipe 2 yang tidak tergantung pada insulin. Hal ini diakibatkan oleh resistensi insulin atau insulinnya normal tetapi tidak dapat bekerja secara optimal dalam tubuh. Karena pola makan yang berlebihan tanpa aktivitas dapat menyebabkan insulin tidak dapat bekerja secara baik mengolah asupan yang masuk sehingga metabolisme juga tidak terjadi. Biasanya yang sangat berisiko terkena diabetes ini adalah anak yang memiliki berat badan lebih.