Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Artikel Kesehatan

Awas Bahaya TORCH!

Sering kali TORCH dikaitkan dengan ibu hamil. Soalnya itulah yang selama ini kita ketahui. Padahal TORCH menyerang tidak mengenal umur dan jenis kelamin. Semuanya bisa kemungkinan terkena TORCH. Apa sebenarnya TORCH itu, mengapa bila menyerang ibu hamil bisa menyebabkan janinnya mengalami keguguran, bagaimana cara TORCH menyerang tubuh manusia dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut adalah penjelasannya.

TORCH adalah merupakan akronim dari beberapa penyakit bila dijabarkan akan sebagai berikut :

T adalah Toxoplasma gondii atau biasa disebut sebagai Toxoplamosis

O adalah Other infections atau infeksi lain misalnya Hepatitis B, Sifilis, Varicella-Zoster Virus, HIV, dan Parvovirus B19.

R adalah Rubella (Rubela) atau yang lebih sering disebut sebagai Campak Jerman

C adalah Cytomegalovirus (CMV) atau yang disebut virus herpes manusia 5

H adalah Herpes Simplex Virus (HSV) yang terdiri dari HSV1 dan HSV2

Penyakit TORCH dapat menyebabkan kelainan dan keluhan yang bisa menyerang siapa saja tidak mengenal batasan usia dan jenis kelamin. Semua bisa terserang. Terutama pada ibu hamil dapat menyebabkan kelainan pertumbuhan pada bayinya, yaitu cacat fisik dan mental yang beraneka ragam. Infeksi TORCH juga dapat menyerang semua jaringan organ tubuh, termasuk sistem saraf pusat dan perifeir yang mengendalikan fungsi gerak, penglihatan, pendengaran, sistem kadiovaskuler serta metabolisma tubuh.