Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Artikel Kesehatan

Mendeteksi Kanker Limfoma

Mengenal Limfoma

Saya baru mengetahui apa itu kanker kelenjar getah bening, setelah ayah saya mengalaminya. Benjolan yang semula kecil di daerah leher, tiba-tiba menjadi besar dalam waktu sekitar satu setengah tahun. Dan karena harus dilakukan biopsi untuk mengetahui jaringan dalam benjolan tersebut terdapat sel kanker atau tidak, menyebabkan benjolan tersebut menjadi luka yang menganga yang setiap saat dapat mengeluarkan darah. Luka pada leher tidak dapat dioperasi karena sudah tidak memungkinkan lagi, dan bila melakukan kemoterapi dibutuhkan biaya dan kesiapan mental tidak hanya pada ayah tapi juga kami sekeluarga. Dan akibat kanker kelenjar getah bening inilah ayah saya kembali menghadap yang maha kuasa.

Saya benar-benar tidak tahu apa yang menjadi penyebab kanker kelenjar getah bening itu. Karena kurangnya informasi kami sekeluarga juga tidak bisa memberikan pengobatan secara maksimal kepada ayah. Dan kini setelah 14 tahun berpulangnya ayah, saya temukan jawabannya. Dan saya ingin membagi pengetahuan ini dengan Anda semua.

Kelenjar getah bening merupakan merupakan suatu kumpulan limfosit berukuran sebesar kacang yang tersebar di seluruh tubuh. Kelenjar getah bening merupakan bagian dari sistem pertahanan tubuh kita. Tubuh kita memiliki kurang lebih sekitar 600 kelenjar getah bening, namun hanya didaerah submandibular (bagian bawah rahang bawah), ketiak atau lipat paha yang teraba normal pada orang sehat.