Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Artikel Kesehatan

Berbagai Mineral Penyelamat Jantung

Jika Anda mempunyai penyakit kardiovaskular (penyakit jantung dan pembuluh-pembuluh darah) atau yang berisiko terhadap penyakit itu, Anda mungkin disarankan untuk mengkonsumsi banyak mineral yang dapat diperoleh dalam multivitamin atau mineral harian. Mineral tersebut antara lain :

Magnesium

Kita kadangkala didera stres akibat pekerjaan ataupun masalah yang sedang kita hadapi. Stres inilah yang bisa menyebabkan kebutuhan magnesium kita berkurang. Jika jumlah yang kita miliki tidak mencukupi, reaksi kita terhadap stres meningkat. Stres kronik dan kekurangan magnesium inilah yang menyebabkan jiwa kita terancam karena magnesium terlibat dalam sekitar 300 aktivitas enzim yang berbeda di dalam tubuh kita. Sehingga muncullah kondisi yang tidak baik seperti tekanan darah tinggi, denyut jantung menjadi tidak teratur, dan jantung berdebar-debar.

Beberapa ahli juga menyebutkan bahwa magnesium adalah mineral nomor satu untuk kesehatan jantung. Dan hal itu juga dibuktikan dengan penelitian-penelitian yang menemukan hubungan antara kekurangan magnesium dengan serangan jantung dan maslah-masalah kardiovaskular. Dengan bertambahnya magnesium dapat secara cepat terlihat adanya perbaikan yang nyata dalam hipertensi, arrhytmias dan jantung berdebar.

Hal ini karena magnesium dapat melebarkan dan merilekskan pembuluh-pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi lancar. Mineral ini juga membantu mengencerkan darah, mencegah pembentukan platelet. Banyak dokter yang menggunakan magnesium secara intravenous (lewat pembuluh darah) untuk serangan jantung akut. Bila diberikan lebih awal, bisa menyelamatkan nyawa penderita jantung.Orang-orang yang menderita gagal jantung sering kali kekurangan magnesium, sekaligus kekurangan energi. Dengan magnesium dapat meningkatkan energi sekaligus menguatkan jantung mereka.