Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Artikel Kesehatan

Kalsium - Senjata Menghadapi Penyakit Berbahaya

Kalsium merupakan salah satu mineral yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang banyak. Oleh sebab itu kalsium disebut sebagai makro mineral. Gaya hidup modern yang penuh dengan tekanan seperti ini makin meningkatkan kebutuhan atas mineral ini. Pada saat yang bersamaan makanan olahan cepat saji membuat mineral ini makin berkurang dari makanan kita. Karena itu, sekarang ini masalah akibat kekurangan kalsium semakin meningkat. Masalah utama yang dihadapi banyak perempuan karena kekurangan kalsium adalah akan ancaman kanker payudara dan osteoporosis, dimana terjadi penipisan tulang panjang yang bisa membuat tulang lengan bawah dan tulang pinggul menjadi mudah patah.

Masalah yang lain adalah osteomalacia, yang menyebabkan kelemahan kelemahan pada tulang belakang. hal ini menyebabkan perempuan menjadi bungkuk yang dikenal dengan dowager's hump karena tulang belakang yang terus melemah.

Sedangkan pada pria akibat kakurangan kalsium yang sering muncul adalah adanya kanker usus besar dan kanker dubur. Selain itu ancaman lainnya bagi pria dan wanita adalah adanya tekanan darah tinggi dan stroke, juga kram dan kejang otot yang hebat.

Pada saat orang-orang stres akibat pekerjaannya, pada saat itulah asam lambung menjadi meningkat. Untuk mengatasi asam lambung yang berlebihan itulah tak jarang orang-orang minum antacid (obat maag). Susahnya, kebanyakan antacid mengandung aluminium yang menurut hasil penelitian menunjukkan bisa menyebabkan alzheimer. Kalsium ternyata terbukti dapat menenangkan asam lambung yang berlebihan dengan cepat dan aman.

Menurut hasil penelitian yang dilakukan di Amerika menunjukkan sebagian besar perempuan mendapatkan kurang dari 540 mg kalsium perhari, sedangkan pada pria dewasa hanya sedikit lebih banyak dari kadar ini. Perempuan di bawah usia 30 yang masih membentuk tulang dan perempuan menopause yang kehilangan massa tulang secara cepat mungkin sulit mendapatkan kecukupan kalsium dari makanan saja.

Kebutuhan pada ibu hamil dan menyusui meningkat dari 2 porsi menjadi 3 porsi per hari. Jika tubuh tidak mendapatkan kecukupan kalsium dari makanan yang dimakan, maka kebutuhan kalsium akandiambil dari tulang yang akan sulit digantikan pada masa sesudahnya. Kalau dibiarkan, bisa menyebabkan terjadinya osteoporosis.

Jika Anda ragu dengan kandungan kalsium dalam makanan Anda sehari-hari, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda. Selain itu disarankan juga untuk minum suplemen kalsium setiap hari untuk memastikan kebutuhan kalsium Anda. Dalam memilih suplemen kalsium juga harus berhati-hati dan sesuaikan dengan dosis yang dibutuhkan. Pilihlah suplemen kalsium yang terbuat dari calcium carbonate dan juga mengandung Vitamin D dan B6 yang berfungsi membantu pembentukan massa tulang dan supaya lebih mudah dicerna dan diserap oleh tubuh kita.