Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Artikel Kesehatan

Mencegah Kanker Payudara Lewat Makanan Super

Kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang ditakuti oleh kaum wanita. Tapi kini bukan hanya kaum wanita saja yang merasa ngeri dengan penyakit ini tetapi kaum pria pun juga merasakan hal yang sama. Dengan mengenali penyakit ini kita berharap dapat menghindarinya. Berikut penjelasannya.

Kanker Payudara adalah suatu penyakit dimana terjadi pertumbuhan berlebihan atau perkembangan tidak terkontrol dari sel-sel (jaringan) payudara. Peningkatan jumlah sel yang tidak normal ini umumnya membentuk benjolan yang disebut tumor atau kanker. Tidak semua tumor bersifat kanker. Tumor yang bersifat kanker disebut tumor ganas, sedangkan yang bukan kanker disebut tumor jinak. Tumor jinak biasanya merupakan gumpalan lemak yang terbungkus dalam suatu wadah yang menyerupai kantong, dan selnya tidak menyebar ke bagian lain pada tubuh penderita.

Sel-sel tumor dan racun yang dihasilkannya keluar dari kumpulannya dan menyebar ke bagian tubuh yang lain seperti tulang, paru-paru, dan liver tanpa disadari oleh penderita, lewat aliran darah maupun sistem getah bening. Sel-sel yang menyebar ini kemudian akan tumbuh berkembang di tempat baru, yang akhirnya membentuk segerombolan sel tumor ganas atau kanker baru. Proses ini disebut metastasis. Karenanya tidak mengherankan jika pada penderita kanker payudara ditemukan benjolan di ketiak atau benjolan kelenjar getah bening lainnya. Bahkan muncul pula kanker pada liver dan paru-paru sebagai kanker metastasisnya.


Keganasan kanker payudara ini ditunjukkannya dengan menyerang sel-sel normal di sekitarnya, terutama sel-sel yang lemah. Sel kanker akan tumbuh dengan cepat, sehingga payudara penderita akan membesar tidak seperti biasanya. Sambil menyerang sel-sel normal di sekitarnya, kanker juga memproduksi racun dan melepas sel-sel kanker dari induknya yang pecah. Racun dan sel-sel kanker itu akan menyebar bersama aliran darah. Karenanya kerap kita mendapati kanker yang tumbuh di tempat lain sebagai hasil meta statisnya. Selain itu pada kanker yang parah seringkali terjadi pendarahan.