Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Artikel Kesehatan

Mencermati Penyakit Influenza

Ditengah cuaca yang tidak menentu seperti ini, kadang panas kadang hujan membuat tubuh kita yang sedang tidak fit menjadi sakit. Mungkin batuk pilek ringan atau mungkin yang lebih parah bisa terkena influenza. Sebenarnya influenza menurut orang tua kita dianggap sebagai penyakit yang biasa atau memang biasa terjadi dikala ada pergantian musim. Tetapi seiring berjalannya waktu influenza ini tidak dapat dianggap ringan, karena sekarang ini telah diketahui bahwa influenza yang sudah terinfeksi oleh bakteri dapat mengakibatkan komplikasi timbulnya penyakit lain, bahkan lebih berbahaya.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai hal ini, alangkah baiknya bila kita sama-sama belajar apa itu penyakit influenza, bagaimana cara penyebarannya, apa komplikasi yang ditimbulkannya sehingga kita tahu bagaimana cara mencegah dan menanganinya. Berikut adalah penjelasannya.

Influenza atau kita biasanya menyebutnya dengan flu merupakan penyakit pernapasan yang disebabkan oleh virus influenza. Virus flu menyerang sel-sel permukaan saluran napas. Jaringan menjadi bengkak dan meradang. Tetapi jaringan yang meradang tersebut akan kembali ke keadaan semula dalam beberapa minggu. Infeksi virus flu ini dapat mengakibatkan penyakit yang berkisar dari komplikasi ringan sampai komplikasi berat yang berujung pada terancamnya nyawa.

Gejala yang ditimbulkan dari penyakit influenza ini adalah :

  • Sakit kepala
  • Rasa lelah yang luar biasa
  • Batuk kering
  • Sakit tenggorokan
  • Hidung berair atau hidung tersumbat
  • Sakit di seluruh tubuh (terutama di punggung dan kaki)
  • Sakit kepala yang parah dengan sakit disekitar dan di belakang mata
  • Gejala gangguan pencernaan seperti mual, muntah dan diare yang lebih sering terjadi kalangan anak-anak dibanding orang dewasa. 

Sebelumnya orang mengira pilek yang parah itu adalah influenza, padahal belum tentu juga karena sekali terekspos virus pilek tertentu, tubuh akan memproduksi antibodi khusus yang membantu mencegah virus mendekat tetapi tidak efektif untuk mencegah strain lain yang juga menyebabkan gejala pilek.