Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Artikel Kesehatan

Endometriosis Bisa Berpengaruh Pada Infertilitas dan Karier Wanita

Endometriosis, siapa yang tidak kenal dengan penyakit yang satu ini. Salah satu penyakit yang menjadi momok bagi kalangan wanita yang usianya masih reproduktif.

Endometriosis merupakan salah satu kelainan ginekologik yang paling banyak yang ditemukan pada wanita usia reproduksi sehat (20-35 tahun), dimana sebanyak 30 hingga 50 persen diantaranya menimbulkan masalah infertilitas. Dan diatara masalah infertilitas ini, endometriosis merupakan penyebab kemandulan wanita yang paling banyak.

Endometriosis adalah suatu penyakit di mana bercak-bercak jaringan endometrium tumbuh di luar rahim, padahal dalam keadaan normal endometrium hanya ditemukan di dalam lapisan rahim. Biasanya endometriosis terbatas pada lapisan rongga perut atau permukaan organ perut.

Endometrium yang salah tempat ini biasanya melekat pada ovarium (indung telur) dan ligamen penyokong rahim. Endometrium juga bisa melekat pada lapisan luar usus halus dan usus besar, ureter (saluran yang menghubungan ginjal dengan kandung kemih), kandung kemih, vagina, jaringan parut di dalam perut atau lapisan rongga dada. Kadang jaringan endometrium tumbuh di dalam paru-paru. Jaringan yang terletak diluar tempat yang semestinya tersebut, tetap bisa berfungsi dan berkembang susai fluktuasi hormonal dari siklus haid. Keadaan inilah yang menyebabkan nyeri hebat di saat haid dan darah yang dikeluarkan juga banyak.