Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Artikel Kesehatan

Sinusitis, Bagaimana Mengobatinya..

Dulu saya mengenal sinusitis hanya sebagai penyakit yang disebabkan oleh kelainan rongga hidung sehingga dampak yang ditimbulkan adalah hidung selalu mengeluarkan ingus. Dan ketika saya membaca semua artikel mengenai sinusitis barulah saya mengetahui apa itu sinusitis, apa yang menyebabkan seseorang terkena sinusitis, dan bagaimana cara mengobati dan mencegahnya. Untuk itu saya bagikan informasi ini untuk Anda. Semoga bermanfaat untuk Anda!

Apa itu Sinusitis

Di dalam rongga hidung terdapat empat ruang atau saluran yang dinamakan sinus. Ke empat pasang sinus tersebut adalah sinus maksilaris ( terletak di pipi) , sinus etmoidalis ( kedua mata) , sinus frontalis (terletak di dahi) dan sinus sfenoidalis ( terletak di belakang dahi). Fungsinya adalah untuk membantu resonansi suara, membantu keseimbangan kepala, meredam perubahan tekanan udara dan kelembaban udara, serta membantu memproduksi lendir untuk membersihkan rongga-rongga hidung. Sinus memproduksi cairan yang melembabkan lapisan tipis pada hidung dan tenggorokan. Setiap sinus memiliki satu saluran ke hidung yang memungkinkan terjadinya pertukaran lendir dengan udara. Nah, sinusitis adalah peradangan atau penyumbatan pada sinus tersebut.

Pada penderita sinusitis sering mengeluarkan ingus melalui tenggorokan atau yang disebut post nasal drip. Dan biasanya ingus yang dikeluarkan berbau kurang sedap. Hal ini juga bisa dikatakan sebagai gejala adanya infeksi mikroorganisme (virus, bakteri, jamur). Infeksi tersebut dapat terjadi primer ataupun sekunder. Yang dimaksud infeksi primer adalah infeksi yang sejak awal memang diakibatkan oleh keterlibatan mikroorganisme. Sedangkan infeksi sekunder adalah infeksi yang awalnya bukan diakibatkan oleh mikroorganisme (misalnya alergi), namun akibat penanganan yang tidak sesuai maka akhirnya mikroorganisme turut terlibat di dalamnya.